Selasa, 17 Agustus 2010

BALI INFO - BUNG EDI – MARKUS 7

 

JAWABAN SAYA:

 

Nah, gitu donk, jadi transparan. Ada tuduhan ada lampirannya, nggak omong doank. Ke-4 point anda saya jadikan 1 point saja;

1. Saya sangat-sangat setuju, bahwa ketika itu yang terhidang adalah makanan halal. Tidak ada

    Babi disitu. Sedangkan topik yang dibicarakan adalah para murid yang tidak membasuh

    tangannya, dan yang begitu itu adalah najis atau kotor. Lalu YESUS berkata:

    "Apa saja yang masuk ke mulut tidak bisa menajiskan orang, sebab akan dibuang ke jamban."

    a. Dalam pasal itu selengkapnya, yang dijadikan tekanan YESUS adalah apa yang keluar dari

        dalam hati, yaitu pikiran-pikiran yang jahat, ini lebih mencelakakan dari pada apa yang masuk

        ke dalam perut. Benar begitu?

    b. Kita perlu menangkap maksud Firman ini dengan kejelian dan kedalamannya, berikut dengan

        segala aspek-aspek yang mengikutinya. Bahwa tuntutan ALLAH hanya satu dari dua pilihan

        saja, bukan tiga atau lebih pilihan. Setahu saya ALLAH tidak pernah membikin bingung

        umatNYA. Pilihan-pilihan yang ditawarkan ALLAH selalu dua: ALLAH atau Mamon,

        menerima YESUS atau menolak, iman atau perbuatan, sorga atau neraka, dan lain-lainnya.

        Nah, kali ini yang ALLAH bentangkan adalah antara apa yang masuk dengan apa yang keluar

        dari diri kita. Karena itu selama Babi masih termasuk yang masuk ke mulut, turun ke perut

        dan dibuang ke jamban, apa alasannya tidak boleh diikut sertakan disini?

 

         Kalau bagi Advent, Babi bisa anda singkirkan dari ayat ini. Tapi bagi yang memakan Babi,

         mereka bisa memakai ayat ini. Bagi orang yang berbahasa Indonesia akan pro Babi, dan bagi

         ahli hukum juga bisa pro Babi. Dan Advent kelihatan sekali kalau sedang memperkosa

         kalimat tersebut. Masih bisa logis?

 

         Sekarang tentang aspek-aspek yang menyertainya:

         i. Apakah makan Babi bisa membuat orang jadi jahat?

         ii. Apakah tidak makan Babi bisa membuat orang jadi baik?

         iii. Apa yang semestinya diurusi oleh agama? Makanan atau perbuatan?

         iv. Bagaimana bukti-bukti lapangan tentang orang yang memakan Babi dengan orang yang

             tidak memakan Babi?

         v. Jika anda menjadi ALLAH, manakah yang anda pilih; makan Babi seperti Kornelius tapi

             dermawan, atau tidak makan Babi seperti Yudas Iskariot yang khianat?

         vi. Apa tujuan yang hendak dicapai dari tidak memakan Babi? Suci? Sholeh? Baik? Atau

              cuma untuk simbul-simbul keagamaan saja? Tapi orang yang memakan Babi, tidak

              mempunyai tujuan apa-apa, sebab itu cuma makanan dan cuma kesukaan saja.

              Karena itu jika tidak memakan Babi juga tidak ada tujuannya yang jelas, mengapa

              melarang-melarang orang?

 

2. Mengenai Markus ini bisa kita bahas tuntas secara tersendiri, tapi tidak mungkin jika tanpa

    bayang-bayang dari ayat-ayat yang lainnya. Sebab kata YESUS, kesaksian dua orang lebih kuat

    dari pada kesaksian seorang saja.

 

3. "Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal."

     Sangat konyol sekali jika kata-kata tersebut hasil karangan Lembaga Alkitab Indonesia, seperti

     kata bapak Kuntaraf. Mari kita lihat versi-versi yang lainnya:      

 

     TB             karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di

                       jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

BIS              Sebab yang masuk itu tidak lewat hati, tetapi lewat perut, dan kemudian keluar lagi."

                    Dengan kata-kata itu Yesus menyatakan bahwa semua makanan halal.

 

DRFT_WBTC            Makanan itu tidak masuk ke dalam hati, tetapi masuk ke dalam perut. Dari

                                    perut keluar lagi." Dengan berkata demikian, Ia menyatakan bahwa semua

                                    makanan halal.

 

TL                 Karena itu bukannya masuk ke dalam hati, melainkan ke dalam perut, lalu keluar ke

                      dalam jamban, dengan demikianlah membersihkan segala makanan itu?"

 

KSI                 sebab bukan masuk ke dalam hati, melainkan ke dalam perut lalu dibuang di

                       jamban?" Dengan demikian Isa menyatakan bahwa semua makanan halal.

 

DRFT_SB      sebab yaitu masuknya bukan kedalam hati, melainkan kedalam perut lalu keluar

                        kejamban?" Maka dengan demikian sucinya Isa segala makanan.

 

BABA             kerna itu t'ada masok dalam hati-nya, ttapi dalam prot-nya, dan kluar di jamban?"

                       (Dngan ini chakap Isa jadikan smoa makanan berseh.)

 

KL1863           Karna itoe tidak masok dalem hatinja, melainken dalem peroet, lantas kaloewar

                        ditampat jang semboeni, dengan menjoetjiken segala makanan.

 

KL1870           Sebab ija-itoe tidak masoek kadalam hatinja, melainkan kadalam peroet, laloe

                        kaloewar kadalam pelindoengan dengan menjoetjikan segala makanan.

 

ENDE             Sebab bukan masuk kedalam hati, melainkan kedalam perut, lalu keluar kedalam

                        djamban. Dengan demikian Ia menjatakan bahwa segala djenis makanan tahir.

 

BBE                 Because it goes not into the heart but into the stomach, and goes out with the waste?

                        He said this, making all food clean.

 

MESSAGE     It doesn't enter your heart but your stomach, works its way through the intestines, and

                        is finally flushed." (That took care of dietary quibbling; Jesus was saying that all

                        foods are fit to eat.)

 

PHILIPS        You see, it doesn't go into his heart, but into his stomach, and passes out of the body

                         altogether, so that all food is clean enough.

 

RWEBSTR     Because it entereth not into his heart, but into the stomach, and goeth out into the

                        draught, purging all foods?

 

GWV              It doesn't go into his thoughts but into his stomach and then into a toilet." (By saying

                      this, Jesus declared all foods acceptable.)

 

NET              For it does not enter his heart but his stomach, and then goes out into the sewer."*

                     (This means all foods are clean.)*

 

Sekalipun bangsa Yahudi sudah terbiasa dengan makanan halal, mereka masih tetap mengenali dan ingat adanya makanan yang haram. Sebab pada saat kita berkata: "halal", kita juga sedang mengakui keberadaan dari yang haram. Jadi, bagaimana anda bisa katakan kalau bagi bangsa Yahudi nggak ada makanan yang haram? Bagaimana pula anda bisa berpikir bahwa kalau bangsa Yahudi itu pasti tidak makan Babinya? Benarkah begitu?

 

>> Yesaya 65:3           suku bangsa yang menyakitkan hati-Ku senantiasa di depan mata-Ku, dengan

                                    mempersembahkan korban di taman-taman dewa dan membakar korban di

                                    atas batu bata;

                 65:4            yang duduk di kuburan-kuburan dan bermalam di dalam gua-gua; yang

                                    memakan daging babi dan kuah daging najis ada dalam kuali mereka;

 

>> Yesaya 66:3           Orang menyembelih lembu jantan, namun membunuh manusia juga, orang

                                    mengorbankan domba, namun mematahkan batang leher anjing, orang

                                    mempersembahkan korban sajian, namun mempersembahkan darah babi,

                                    orang mempersembahkan kemenyan, namun memuja berhala juga. Karena

                                    itu: sama seperti mereka lebih menyukai jalan mereka sendiri, dan jiwanya

                                    menghendaki dewa kejijikan mereka,

 

Jadi, benarkah kalau Yahudi itu tidak makan Babi? – Siapa yang ngomong?

 

"Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal."  - jelas sekali ada makanan yang semulanya tidak halal, sehingga sekarang dinyatakan halal. Sedangkan kata-kata: "semua makanan" jelas menunjuk pada apa saja yang bisa dimasukkan ke mulut. Bila "batu" atau "pasir" bisa dimasukkan ke mulut, ya termasuk makanan. Asal anda mau, silahkan aja.

Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

JAWABAN BUNG EDI:

 

Jadi, point yg saya dapatkan anda sepakat kan kata "semua" atau
"segala" itu memiliki batasan?

Tolong kita selesaikan ayat markus ini tanpa merembet kepada ayat2 yg
lain supaya kesempatan anda berkelit hilang...

Batasan hati nurani yg anda sampaikan memiliki pembahasan tersendiri,
dan saya yakin anda sepakat bahwa saat kita berbicara kebenaran ajaran
agama kita harus berlandaskan alkitab, bukan berdasarkan perasaan atau
hati nurani...ya kan? Tolong pegang itu krn anda selalu berkata spt
itu dlm mengcounter orang lain...

Markus 7:19 - .......dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

Tentu ada batasan yg sangat jelas dalam ayat ini, karena jika ayat ini
sudah final utk  digunakan sbg ayat utk menghalalkan babi dan binatang
haram maka ga perlu lagi muncul mimpi petrus...krn ayat ini saja sudah
cukup jelas...apa anda mau bilang spy lebih jelas lagi? Hehe...

Jadi inilah batasan yg saya ajukan dalam markus ini:
1. Yang disebut "semua makanan" adalah segala sesuatu yg halal yg
boleh dimakan dimeja orang Yahudi...krn situasi ini terjadi dimeja
makannya orang Yahudi yg tidak memberi peluang binatang haram utk
dihidangkan.
2. Adat yahudi berkata: makanan yg dimakan tanpa mencuci tangan akan
menjadi najis.
3. Markus menegaskan bahwa Yesus berkata: semua makanan yg dimakan
tanpa mencuci tangan tetaplah halal...perlu anda catat kata: TETAP
HALAL...bukan yg haram menjadi halal...tapi yg halal itu tetap halal
dan tidak menjadi najis.
4. Tolong kita tetap fokus pada makanan, jgn melenceng kpd perbuatan
spt kata anda...jangan sampai anda nanti bilang lebih baik makan babi
dari pada munafik...kan lebih benar lagi tidak makan babi dan tidak
munafik. Prinsip anda kan jika punten 6 aja bisa lulus ngapain punten
10? Tapi bukankah lebih baik mengejar nilai 10? Ini mah pola pikir
standard mas....

Nah...tolong siapkan amunisi anda untuk menjawab 4 point diatas...itu
batasan yg saya ajukan...apa batasan anda? Karena kalau itu ga bisa
anda rubuhkan maka anda belum pantas melanjutkan diskusi anda dengan
bung Tapson...

Salam temple

 



__._,_.___
Recent Activity:
.

__,_._,___

Tidak ada komentar: