Suksema,
"Ida Bagoes" Made Sutjita
:o)
wah saya kok ikut ikutan nge trend... :o)
--- In bali-bali@yahoogroups.com, "Sugi Lanús" <sugilanus@...> wrote:
>
> Biang, bukan mulai, tapi mulia..
> -----Original Message-----
> From: Bulantrisna Djelantik <btrisna@...>
> Date: Wed, 16 Sep 2009 21:25:05
> To: <bali-bali@yahoogroups.com>
> Subject: Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
>
> Bahkan satu2nya adik laki, yang Purusa, dalam akte lahir adalah "Darma
> Widoere Djelantik..."
> BB.
>
> 2009/9/16 ngurah beni setiawan setiawan_beni@...
>
> >
> >
> > sinampura, salah ketik nama...
> > yang dimaksud adalah *Biang Bulan*
> >
> > rahajeng,
> > *ngurah beni setiawan*
> > P Save a tree...please don't print this e-mail unless you really need to
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* ngurah beni setiawan <setiawan_beni@...>
> > *To:* bali-bali@yahoogroups.com
> > *Sent:* Wednesday, 16 September, 2009 16:51:28
> > *Subject:* Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >
> >
> >
> > mobilitas gelar Biang Bulan kan sudah pasti...
> > dari dokter sampe PhD...mobilitas 3 kali...
> >
> > **sedang menyiapkan mobilitas seperti Biang Bulang*
> >
> > *ngurah beni setiawan*
> > P Save a tree...please don't print this e-mail unless you really need to
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Sugi Lanús <sugilanus@gmail. com>
> > *To:* "bali-bali@yahoogro ups.com" <bali-bali@yahoogrou ps.com>
> >
> > *Sent:* Wednesday, 16 September, 2009 16:18:19
> > *Subject:* Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >
> >
> >
> > Biang Bulan,
> >
> > Soal yg dari Tegeh Kori itu: Tragis. Hehe..
> >
> > Kakek saya jg Tegeh Kori, tapi karena rumah saya tak pake Kori, saya cukup
> > "Tegeh Pagar Rumah"... Rolling door pagarnya biang!! :D
> >
> > Silahkan beri masukan, dan terimakasih banyak atas kesediaan Biang Bulan
> > menunjukkan nama di aktenya: Ayu Bulantrisna Djelantik. Nah ini satu lagi
> > bukti "kebangsawanan" Dr Made Djelantik. Bahkan anak beliau tak diberi
> > gelar, cukup AYU dan memang pantas utk biang Ayu nama itu. :-)
> >
> > Dengan melihat akte biang Bulan ini ternyata asumsi saya tentang "mobilitas
> > naik kasta/gelar" ternyata menerima tantangan baru, ternyata ada yg type B
> > "mobilitas turun/penghilangan" . Ayah AA, anak A (ayu).
> >
> > Biasanya yg terjadi type A "mobilitas naik": ayah IGN, anak AAN. Atau ayah
> > AA, anak Cokorda. Ayah I Dewa, anak Ida I Dewa. Ayah I Dewa Agung, anak AA.
> >
> > Kalo yg dari ayah tak bergelar sampai anak memakai AA dll, itu saya simpan
> > dulu, nanti saya buka, kelak kalau sdh waktunya.
> >
> > Yg sangat menarik, temuan saya, pergantian nama dari AA ke Ida Cokorda di
> > Denpasar dilakukan lewat Ketetapan Pengadilan Negeri Denpasar, yg
> > bersangkutan mengusulkan diri, pengadilan menetapkan.
> >
> > Silahkan saya mengundang masukan kalau ada semeton, nyama lan jro makabehan
> > punya pengalaman lain, atau seandainya tetangganya melakukan "mobilitas
> > gelar".
> >
> > Saya menerima "pengaduan", kirim lewat jalur pribadi, ke email saya. U r
> > welcome.
> >
> > Suksma ida dane semeton sinamian, rahajeng.
> > SL
> > ------------------------------
> > *From: *Bulantrisna Djelantik <btrisna@gmail. com>
> > *Date: *Wed, 16 Sep 2009 15:11:45 +0800
> > *To: *<bali-bali@yahoogrou ps.com>
> > *Subject: *Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >
> >
> >
> > Sugi,
> > Dalam akte lahir saya tertulis Ayu Bulantrisna Djelantik saja.
> > Soal mobilitas gelar sangat menarik untuk diteliti, mudah2an Sugi cepat
> > menulis artikel2 supaya ada polemik mengenai ini di media. Lalu bagaimana
> > dengan orang yang tiba2 ingin mempunyai gelar tinggi ( akir2 ini ada yang
> > mengaku dari Tegeh Kori??). Sangat menarik kan...
> >
> > Cheers, BB
> >
> >
> >
> >
> > 2009/9/16 Sugi Lanús <sugilanus@gmail. com <sugilanus@...>>
> >
> >>
> >>
> >> Biang Bulan yg baik,
> >>
> >> Hanya tiga kolom nama diberi formulir sekolah (barat), saya terintimidasi.
> >> First-Mid-Last name. Maka nama anak saya sesuaikan dgn kultur itu, tak
> >> apalah menyesuaikan agar tak trusmenerus kena "intimidasi barat".
> >>
> >> Saya terkesan sekali dgn almarhum Dr Djelantik, bahkan saya "mengenal"
> >> beliau dgn nama Dokter Made Djelantik, tanpa gelar AA-nya. Beliau juga
> >> menyebut diri beliau dgn nama Made. Tak pernah rasanya beliau memperkenalkan
> >> diri dgn menyebut, "Tiang Gung Made." Beliau membuat surat dan selalu
> >> bertanda dgn Made. Buat beliau, barangkali, biarlah orang lain "meng-agung-
> >> kan", bukan diri sendiri yg "meng-agung- kan" diri.
> >>
> >> Rasanya "tradisi" ini (hanya?) diikuti oleh Putu Wijaya, penulis-dramawan-
> >> sutradara. Sampai2 orang tidak tahu, lupa, kalau bli Putu ini dari Puri
> >> Anom, anak seorang sedahan agung kerajaan. I Gusti Ngurah Putu Wijaya, larut
> >> menjadi Putu Wijaya. Bukan karena kami sangat dekat, saya sangat
> >> berterimakasih atas panutannya, bli Putu mengajari sebuah "kebangsawanan
> >> baru", yg dalam istilah para pelajar Indonesia di Belanda sebelum
> >> kemerdekaaan disebut sebagai "kebangsawanan pikir".
> >>
> >> Trimakasih banyak utk biang Bulan atas "pengakuan" dan informasi yg sangat
> >> berharga tersebut.
> >>
> >> Memang gelar Anak Agung gelar "bahasa Melayu", semacam perimbangan buat
> >> Yang Dipertuan Agung dstnya. Gelar Anak Agung tak ada dalam prasasti Jaman
> >> Majapahit, Kediri, atau Bali Kuna. Pernah ada sebuah gelar disebut dlm
> >> prasasti Bali Kuna, gelar itu: "Oka Dalem".
> >>
> >> Oka Dalem, ya dalem itu berarti raja. Oka sama dgn anak. Salah satu Raja
> >> Klungkung bergelar Dalem Di-Made. Demikian jg disebut seorang dalem lain,
> >> Dalem Ktut Ngulesir. Istilah dalem ini mengikuti gelar Oka Dalem adalah
> >> istilah dlm jaman prasasti Bali Kuna abad 9-12, jadi sebelum Majapahit
> >> lahir.
> >>
> >> AA atau Cokorda memang, seperti kata biang AA Bulantrisna Djelantik,
> >> "iming-iming" pemerintah Belanda. Sekali lagi ini membuktikan kontruksi
> >> kolonial terbukti jelas dlm "mobilitas gelar" di Bali.
> >>
> >> Tampaknya Dr Made Djelantik lahir setelah "negosiasi" Karangasem-Welanda.
> >> Sehingga beliau mendapat AA dari ayah beliau yg sdh "ganti gelar" dari I
> >> Gusti ke Ida AA.
> >>
> >> Demikian dulu sekilas. Utk yg lebih rinci kebetulan saya sedang lakukan
> >> studi "mobilitas gelar" di Bali. Silahkan teman2 memberi masukan.
> >>
> >> Cheers,
> >> SL
> >> ------------------------------
> >> *From: *Bulantrisna Djelantik <btrisna@gmail. com <btrisna@...>>
> >> *Date: *Wed, 16 Sep 2009 09:22:01 +0800
> >> *To: *<bali-bali@yahoogrou ps.com <bali-bali@yahoogroups.com>>
> >> *Subject: *Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >>
> >>
> >>
> >> Dear all, ini sebuah cuplikan sejarah:
> >>
> >> Sebelum tahun 1908 Karangasem merupakan Wilayah Kerajaan. Raja yang
> >> memerintah sampai tahun 1908 adalah *I Gusti Gede Jelantik* yang
> >> membawahi 21 Punggawa. Setelah Belanda menguasai Kerajaan Karangasem, mulai
> >> terhitung tanggal 1 Januari 1909, dengan Keputusan Gubernur Jenderal Hindia
> >> Belanda Tertanggal 28 Desember 1908, Kerajaan Karangasem dihapuskan dan
> >> diubah menjadi Gouvernement Lanschap Karangasem dibawah Pimpinan Raja *I
> >> Gusti Gede Djelantik. *Invasi Belanda pada tahun 1908 beberapa Raja
> >> memperoleh status sebagai Bupati yang berada dibawah Pemerintahan Kolonial
> >> Belanda. Raja Karangasem juga mendapat kekuasaan untuk mengatur Daerah dan
> >> Kekayaannya. *I Gusti Bagoes Djelantik* adalah raja terakhir yang
> >> memerintah bali Timur dari tahun 1909 sampai tahun 1945. Beliau dikenal
> >> sebagai Raja yang memiliki nilai budaya tinggi. **Dengan Keputusan
> >> Gubernur Jenderal Belanda tertanggal *4 September* *1928*, Raja diberi
> >> gelar Stedehouder namanya diganti dengan *Ida Anak Agung Anglurah
> >> Karangasem*, yang kemudian diangkat menjadi Zelf-bestoerder dan dikenal
> >> dengan nama Swapraja.
> >>
> >> Berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 69 Tahun 1958, terhitung mulai tanggal
> >> 1 Desember 1958, daerah Swapraja diubah menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II
> >> Karangasem. Putra2 AA Anglurah Karangasem semua bergelar Anak Agung
> >> sejak lahir termasuk ayah.
> >>
> >> Kesimpulan: gelar Anak Agung, Cokorda hanya semacam gelar iming2 dari
> >> Belanda supaya para raja mau bekerja sama?? Dan zelf-bestuurder (berarti:
> >> memerintah sendiri) berarti bahwa Raja2 Bali menolak berada dibawah
> >> kekuasaan secara administratif, tapi *berdiri sejajar* dengan
> >> pemerintahan kolonial saat itu.
> >>
> >> Alangkah baiknya jika kita dapat menghilangkan / mengurangi gelar2 yang
> >> panjang.. karena banyak kesulitan, belum lagi ditambah "penomeran" putu,
> >> gede made dst... Misalnya menulis nama di space formulir tak cukup.. lalu
> >> istilah "first name" semua Anak Agung menjadi "Anak:" misalnya di paspor.... Biarlah
> >> gelar larut dalam masa lalu.. Ayah saya selalu ingin disebut Made saja
> >> oleh semua... tapi orang Bali justru tak merasa nyaman dengan ini...
> >> Semoga ada jalan keluar... , Biang Bulan (dahulu Gungayu Bulan hehehe)
> >> 2009/9/16 Sugi Lanús <sugilanus@gmail. com <sugilanus@...>>
> >>
> >>>
> >>>
> >>> Dear Panji,
> >>>
> >>> Tambahan, ada peraturan di Denpasar yg melarang pemakaian gelar bagi yg
> >>> "tak berhak" sehingga catatan sipil pernah rame gara2 ada yg mau "tambah
> >>> gelar". Di tingkat propinsi juga ada pengaturan yg mengaturan nama gelar.
> >>>
> >>> Jadi soal ini bahkan dlm pemerintahan kini masih diakomodasi,
> >>> dilegitimasi.
> >>>
> >>> Salam,
> >>> SL
> >>> ------------------------------
> >>> *From: *"Panji Astika" <batigol@dps. centrin.net. id<batigol@...>>
> >>>
> >>> *Date: *Tue, 15 Sep 2009 13:34:22 +0800
> >>> *To: *<bali-bali@yahoogrou ps.com <bali-bali@yahoogroups.com>>
> >>> *Subject: *RE: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Bli Sugi
> >>>
> >>> Boleh saya menambahkan sedikit…. Dan tolong di koreksi kalau salah
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Kalau saya baca2 dari beberapa babad (yang sudah terjemahan ) saya
> >>> mengambil beberapa kesimpulan
> >>>
> >>> Pada masa penyerangan majapahit ke Bali
> >>>
> >>> Ada beberapa golongan yang terlihat
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> 1. Para arya yang merupakan panglima perang, semuanya bergelar
> >>> harya atau Sri Arya (Sri menunjukkan keturunan ksatrya Kediri)
> >>>
> >>> 2. Prajurit dan rakyat biasa
> >>>
> >>> 3. Golongan Bali Aga (apa ini kemudian yang menjadi pasek, saya
> >>> kurang mengerti)
> >>>
> >>> Kemudian karena majapahit trauma dengan pemberontakan (balas dendam) para
> >>> ksatrya Kediri terhadap singosari
> >>>
> >>> Raja bali kemudian ditetapkan sendiri oleh Gajah mada, mengambil anak
> >>> dari gurunya yang merupakan golongan Brahmana
> >>>
> >>> Raja Bali yang di sebut Dalem ini kemudian berketurunan dan memakai gelar
> >>> I Dewa
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Para keturunan arya semuanya memakai gelar I Gusti, kalau daerah kangin I
> >>> Gusti Agung yang perempuan I Gusti Ayu, daerah Tabanan Badung
> >>>
> >>> I Gusti Ngurah yang perempuan Sagung.
> >>>
> >>> Terakhir saat wuug gumi badung tabanan Para raja masih bergelar I Gusti
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Raja Badung yang puputan , I Gusti Made Ngurah Pemecutan, Raja Tabanan
> >>> yang muput raga di badung bernama I Gusti Ngurah Rai perang (bergelar juga
> >>> I Gusti Ngurah Agung)
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Setelah belanda menjajah dan membuat raja2 boneka, Belanda menganugrahkan
> >>> gelar:
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Anak Agung untuk raja gianyar, bangli dan karangasem
> >>>
> >>> Cokorda untuk raja Badung dan Tabanan, dan Dewa Agung untuk raja
> >>> klungkung,
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Dan hanya yang menjadi raja yang memakai gelar tersebut
> >>>
> >>> Kalau tidak menjadi raja, namanya tetap I Gusti, I Dewa dsb….
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Saya kurang tahu juga sejak kapan kemudian nama I Gusti di Badung berubah
> >>> menjadi Anak Agung, dan yang perempuan menjadi Anak Agung Sagung
> >>>
> >>> Dan juga di Ubud, dan kelungkung dari Idewa menjadi Tjok (Tjokorda)
> >>> karena setahu saya nama tersebut hanya untuk yang sudah menjadi Raja di
> >>> Badung dan Tabanan.
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Dan anehnya kemudian sepertinya ada anggapan yang samar , kalau kemudian
> >>> nama2 tersebut punya tingkatan sendiri2
> >>>
> >>> Seperti Tjok lebih tinggi dari Anak Agung, Anak Agung Lebih tinggi dari I
> >>> Gusti dan seterusnya
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Padahal sekarang siapapun boleh menambahkan nama I gusti, Anak Agung, I
> >>> dewa, (asal tidak dilarang oleh catatan sipil) karena memang tidak ada
> >>> lembaga resmi yang mengaturnya.
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Saya sangat setuju nama2 tersebut sebenarnya hanya nama peninggalan
> >>> Kolonial, belanda atau Majapahit
> >>>
> >>> Dan menjadi tidak relevan dengan kekinian kalau masih menjadi sebuah
> >>> patokan yang mutlak
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Yang lebih diperhatikan sebenarnya adalah kasta2 baru yang bermunculan
> >>>
> >>> Kasta jabatan dan kasta uang……
> >>>
> >>> Kayanya ini yang paling tinggi kedudukannya saat ini
> >>>
> >>> Coba kalau Pejabat dan keluarganya, pengusaha kaya dan keluarganya, pasti
> >>> mendapat perlakuan yang istimewa….??? ?
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Salam hormat
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Panji Astika
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> *From:* bali-bali@yahoogrou ps.com <bali-bali@yahoogroups.com> [mailto:bali-bali@yahoogrou
> >>> ps.com <bali-bali@yahoogroups.com>] *On Behalf Of *Sugi Lanús
> >>> *Sent:* Tuesday, September 15, 2009 12:26 PM
> >>> *To:* bali-bali@yahoogrou ps.com <bali-bali@yahoogroups.com>
> >>> *Subject:* Re: [bali-bali] Lungsuran: KASTA!
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Cok Raka yg baik, dkk
> >>>
> >>> Sensus Belanda di tahun 1920-an membagi kasta manusia Bali. Mereka
> >>> (Belanda dan rakyat Bali yg dijajah) terjebak bingung, akhirnya mereka
> >>> menganggap Cokorda yg paling tinggi di kelas satria. Padahal tak ada
> >>> sejarahnya di Buleleng ada gelar Anak Agung apalagi Cokorda. Kalo ada, itu
> >>> pasti gelar pemberian Belanda. Panji Tisna yg menjadi Ketua Dewan Raja-raja
> >>> Bali, nama beliau I Gusti Nyoman Panji Tisna, ayah beliau I Gusti Putu
> >>> Djelantik. Di Puri Karangasem dan Tabanan juga seperti itu.
> >>>
> >>> Coba tanya biang Bulan, apakah ayah beliau almarhum Dr. Djelantik nama yg
> >>> tertera di ijazah SR (sekolah rakyat) beliau: AA Made Djelantik atau I Gusti
> >>> Made Djelantik?
> >>>
> >>> Biasanya orang memanggil sebagai Gung atau Anak Agung, atau Ida Cokorde,
> >>> untuk penghormatan, sementara nama di ijazah mereka tetap I Gusti Ngurah
> >>> Putu dll.
> >>>
> >>> Putu, Made, dan Gde dll yg sekarang dikenal sebagai "nama jaba" itu
> >>> sesungguhnya nama para kesatria Kediri. Ada tersurat pend! ek di sebuah
> >>> prasasti Jawa Tengah jaman Kediri awal. Coba juga simak desertasi James
> >>> Danandjaja tentang Trunyan.
> >>>
> >>> Sekarang nama Putu, Gede, Made dll, dianggap nama "pinggiran" oleh
> >>> lingkar satria dan brahmana. Ini tak lain cara lingkar ini melakukan politik
> >>> segragasi, ekslusivisme dgn jalan hijrah ke gelar-gelar yg lebih meninggi.
> >>> Inilah sejarah politik pemisahan elit dan kawula. Ledakan pertumpahan darah
> >>> thn 1965-1967 tak lepas dari kusut-kumasut politik segragasi dan dendam
> >>> antar kedua kubu.
> >>>
> >>> Baru setelah jaman Belanda dan awal kemerdekaan, gelar I Gusti hijrah
> >>> dari menjadi AA. Di Klungkung dan Gianyar semenjak jaman Belanda
> >>> (campurtangan Belanda) "para AA" menjadi "Tjokorda".
> >>>
> >>> Sebagai contoh nyata yg sangat menarik disampaikan di sini, sebuah
> >>> keluarga di Buleleng Barat, ada yg sebagian memakai gelar, sebagian tidak,
> >>> itupun kontruksi kolonial. Keluarga tsb di Buleleng Barat memang "soroh
> >>> arya", tapi betul2 berijazah I Gusti semenjak jaman Belanda setel! ah salah
> >>> satu pemuda anggota keluarganya di jaman Belanda meminang seo rang I Gusti
> >>> Ayu dari jro lain dan tidak diijinkan, lalu menuntut ke Pemerintah Belanda
> >>> bahwa mereka setara, mereka juga "soroh arya" dgn berbagai bukti-bukti
> >>> regalia bekas kerajaan, seperti keris2, pusaka2, lontar2 dll. Persidangan
> >>> itu memenangkan mereka dgn memberi gelar I Gusti kepada pihak yg meminang
> >>> itu. Jadilah ia bergelar I Gusti dan pernikahan menjadi setara.
> >>>
> >>> Contoh lain terjadi jg dlm keluarga mantan bupati Buleleng Hartawan
> >>> Mataram, asal Buleleng Timur, yg kembali memakai gelar Gusti mereka utk
> >>> "sebuah alasan pernikahan". Ini saya dengar dari keluarga di sekitar beliau.
> >>>
> >>> Begitulah kami di Buleleng. Kasta itu tak menjadi penting tanpa kastil
> >>> (sistem pemerintahan dan kekuasaan nyata).
> >>>
> >>> Kasta lebih menjadi artefak peninggalan kolonial, entah kolonial Belanda,
> >>> kolonial Majapahit, Kolonial Kediri atau kerajaan Bali Kuna.
> >>>
> >>> Apakah saya makan lungsuran atau tidak dari keluarga lain: TERGANTUNG.
> >>> Ibu mengajari saya utk tidak meminta makanan, apapun! . Jadi saya tak makan
> >>> lungsuran dari Ida Bagus atau Sir Williem. Ini bukan lantaran saya terlahir
> >>> di keluarga Arya. Ibu saya bilang, lungsuran sering tak sehat karena makanan
> >>> dan sesajinya sering dikerubungi lalat atau kena debu dan hujan. Lungsuran
> >>> semacam itu sebaiknya tak dimakan oleh manusia dari kasta apapun, kecuali
> >>> kebal disentri.
> >>>
> >>> Pesan saya utk Cok Raka, jgn terjebak KONTRUKSI WELANDA (penjajah
> >>> Belanda), jgn terjebak kontruksi sejarah. Coba baca lagi deh buku "BALI ABAD
> >>> 19" karya Ide AA Gde Agung. Atau buku kasta tulisan pak Kembar Kerempun. Utk
> >>> soal stratifikasi sosial Bali Pegunungan silahkan baca "The Custodian of
> >>> Sacred Mountain", by R. Rueter. Atau desertasi Prof Semadi Astra tentang
> >>> "Birokrasi Bali Kuna abad XII".
> >>>
> >>> Kasta itu kontroksi sejarah. Kalo menenggok ke kasta di India silahkan
> >>> baca penelitian awal Weber dan penelitian para Weberian. Terakhir berkembang
> >>> wacana subaltern studies. Ini sebuah refleksi total terhadap kontruksi kasta
> >>> di India.
> >>> Gandhi berpesan utk tak terjebak pada perpecahan kasta. Gandhi m emahami
> >>> bahwa rakyat India adalah brotherhood in dharma. Yg menindas dan memecah
> >>> lewat kasta serta mengkontruksi ketimpangan adalah kolonialisme dan
> >>> berpuncak pada penjajahan Inggris. Merdeka dari keterjajahan adalah isu
> >>> lebih penting. Kemerdekaan jasmaniah dan rohaniah.
> >>>
> >>> Jaman telah beranjak, dunia telah sedikit demi sedikit beranjak dari
> >>> jebakan kasta. Hanya yg oon dan dodol yg suka terjebak. Ada yg jauh lebih
> >>> penting dari klaim kesucian darah (keturunan), yaitu kebersihan pikiran dan
> >>> kesucian hati.
> >>>
> >>> Om Shanti and salam Lebaran..
> >>> Sugi Lanus (gelar saya: Sarjana Sastra Bali. Inipun hampir kena DO
> >>> kelamaan salah-pergaulan lupa kuliah).
> >>> ------------------------------
> >>>
> >>> *From: *"rakabali78" <rakabali78@yahoo. com <rakabali78@...>>
> >>>
> >>> *Date: *Mon, 14 Sep 2009 13:02:08 -0000
> >>>
> >>> *To: *<bali-bali@yahoogrou ps.com <bali-bali@yahoogroups.com>>
> >>>
> >>> *Subject: *[bali-bali] Lungsuran... ..
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Halo,
> >>>
> >>> Mau nanya, apa bener di bali masih dipraktek-kan "tidak boleh membagi
> >>> lungsuran" dengan orang dari kasta lebih rendah?: http://www.indonesi
> >>> amatters. com/4205/ religious- schools/cp- 2/#comment- 166097<http://www.indonesiamatters.com/4205/religious-schools/cp-2/#comment-166097>
> >>>
> >>> Wah, kalau iya, repot dong. Kalau misalnya istri sendiri dari kasta lebih
> >>> rendah gimana dong, masak gak boleh berbagi lungsuran ama istri? Kalau
> >>> begitu, mungkin ada benarnya kata tante saya untuk tidak nikah ama orang
> >>> yang dari kasta lebih rendah..., harus cokorda..., minimal anak agung
> >>> lah....
> >>>
> >>> *Drooooooll*
> >>>
> >>> *Kabur....*
> >>>
> >>> -Raka-
> >>> Raka Angga Jananuraga
> >>>
> >>>
> >>
> >
> >
> >
> >
>
------------------------------------
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/bali-bali/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/bali-bali/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
mailto:bali-bali-digest@yahoogroups.com
mailto:bali-bali-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
bali-bali-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar