Kamis, 26 Maret 2009

Re: [bali-bali] RE: [baliblogger] Apa Kabar Intelektual (Hindu) Bali?

Anton, tulisan Ngurah Suryawan ini bagus, tapi seperti kebanyakan tulisan bagus, tulisan ini pun banyak bias-nya, banyak pasir-nya, tanpa gula sedikit pun buat Bali.

 

Pertama, kekuataan Orde Baru membonsai intelektual  tidak menimpa intelektual Bali saja, tapi terjadi untuk intelektual berbagai golongan/ethnic/suku, seperti diisyaratkan dari kutipan Dhakidae. Tapi, ingat tidak ada hegemoni 100%, di mana-mana selalu ada perlawanan, termasuk di Bali. Misalnya, ketika pemerintah hendak menyeragamkan struktur pemerintahan sampai ke desa, mengubah 'banjar' menjadi 'lingkungan', toh di Bali hal itu dilawan dengan mempertahankan 'desa adat' dan 'banjar adat'. Ketika awal 1970-an pemerintah mengancam hippies tidak boleh masuk ke Indonesia karena membawa pengaruh negatif, intelektual di Bali (dosen, wartawan, sastrawan) dan peneliti asing (Amerika) menyatakan bukan kedatangan turis yang harus di-stop, tetapi ketahanan budaya masyarakat yang harus dibangun. Protes terhadap pariwisata sudah terjadi sejak 1920-an, 1930-an, juga zaman jayanya Lekra. Keliru mengatakan bahwa masyarakat Bali menelan pariwisata tanpa sikap kritis.

 

Kedua, soal pernyataan tanggung jawab moral Unud terhadap 'pembusukan intelektual Bali' yang mengakibatkan suasana perkuliahan 'stagnan memandulkan daya kritis mahasiswa'.  Pernyataan ini juga penuh bias, penuh pasir, tanpa gula sama sekali. Pengalaman saya jadi mahasiswa dan dosen di Unud menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa yang 'kritis dan serius belajar' kecil sekali. Banyak yang ingin cepat tamat, dapat ijazah. Daripada memvonis Unud saja, mungkin lebih baik melihat masalah ini pada keseluruhan proses dan sistem pendidikan. Penumbuhan sikap kritis anak didik sudah TIDAK terjadi sejak TK-SMA. Di TK anak-anak diajak nyanyi lagu 'lihat kebunku penuh dengan bunga..semuanya indah'. Lagu anak-anak di OZ yg pernah saya dengar lain, lebih mengundang sikap kritis (WHY), misalnya lagu yg mengisahkan '4 bebek pergi ke gunung, tapi yang pulang hanya 3, 3 bebek ke gunug, yg pulang hanya 2, dst.' Kalau sistem pendidikan kita sejak TK berhasil membangun sikap kritis, lalu di perguruan tinggi seperti di Unud mereka dihalangi mengembangkan sikap kritisnya, barulah kiranya penilaian Unud bertanggung jawab atas pembusukan ada benarnya.

 

Ketiga, demo terhadap BNR yang terjadi saat Orba adalah bukti lain tidak adanya hegemoni 100%. Demo ini terjadi karena peran media massa dan intelektual (dosen dan mahasiswa Unud termasuk di dalamnya). Mungkin benar ada kelemahan di Unud tapi tidak memberikan apresiasi sama sekali tentu tidak bis diterima.

 

Keempat, penggambaran bahwa intelektual Bali di luar Bali kehilangan 'ruang gerak' dalam memberikan kontribusi untuk pembangunan Bali karena area riset telah dikapling-kapling terbaca seperti merendahkan kemampuan mereka.  Banyak orang hebat di luar Bali sana, ya mbok jangan digambarkan seperti itu. Kalau mereka aktif kreatif, riset apa saja bisa, kontribusi apa saja asal bermutu akan mendapat tempat, akan disambut di Bali tanpa konflik interest. Lihat dosen UGM Putra Erawan, kontribusinya dalam wacana demokrasi di Bali mendapat jalan lebar, malah ditunjuk jadi ketua Forum Demokrasi yang berkantor di Unud. 

 

Kelima, memang Bali tidak memiliki jaringan/organisasi/ lembaga pendidikan seperti yg dimiliki agama/etnik lain, tapi bukan berarti kontribusi intelektual Bali nol besar (walau bukan besar-besar amat). Lihat Gede Prama, yang bisa diundang ceramah di berbagai umat beragama, di berbagai kelompok masyarakat. Putu Wijaya bisa buat film, main teater, dan kerap show ke mancanegara. Kiprah Bali dalam politik juga tak ternilai, orang-orang Demokrat dan PDIP pasti mengakuinya. Kontribusi intelektual atau masyarakat Bali di tingkat nasional itu ada dan jalan terus walau tidak mesti sama dengan apa yang dilakukan warga Indonesia lainnya.

 

Akhirnya, pantas direnungkan ungkapan-ungkapan Chairil Anwar:  'semuanya harus dicatat, semuanya mendapat tempat'

dengan tetap mengingat bahwa 'kerja belum selesai, belum apa-apa'.

 

darma

 

 




From: oka negara <okanegara@yahoo.com>
To: baliblogger@yahoogroups.com
Cc: bali-bali@yahoogroups.com; akademikaunud@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, 25 March, 2009 8:04:09 PM
Subject: [bali-bali] RE: [baliblogger] Apa Kabar Intelektual (Hindu) Bali?

Kok saya malah terganggu dengan judul tulisannya yang membuat "pengkotak-kotakan" . Lebih baik, menurut saya, yang di dalam kurung tidak ada.
Salam dan selamat Nyepi buat semua.


Oka Negara
andrology and sexology department
medical faculty udayana university
www.okanegara. com (in bahasa)

 



> To: baliblogger@ yahoogroups. com
> CC: bali-bali@yahoogrou ps.com; akademikaunud@ yahoogroups. com
> From: antonemus@gmail. com
> Date: Wed, 25 Mar 2009 15:08:35 +0800
> Subject: [baliblogger] Apa Kabar Intelektual (Hindu) Bali?
>
> http://www.balebeng ong.net/opini/ 2009/03/25/ apa-kabar- intelektual- hindu-bali. html
>
> Apa Kabar Intelektual (Hindu) Bali?
>
> Oleh I Ngurah Suryawan
>
> Jauh dari bernas saya kira peran intelektual Bali di kancah nasional
> selama ini. Kegundahan ini saya pendam dari dulu. Terus terang, saya
> kadang-kadng iri melihat begitu lihai dan dinamisnya "dunia
> persilatan" intelektual di negeri ini, dan hanya minim sekali—untuk
> tidak mengatakan tidak sama sekali—melibatkan warna dan pikiran dari
> intelektual Bali, atau lebih tepatnya intelektual Hindu Bali. Segudang
> pertanyaan muncul, tapi yang membuat saya penasaran adalah kenapa bisa
> demikian adanya?
>
> Pertanyaan itulah yang kemudian menambah keinginan saya untuk mencoba
> melakukan penelitian kecil tentang intelektual dan kekuasaan di Bali.
> Saya rasa ada situasi yang membuat mandeg dan "mati suri"nya
> pergulatan intelektualita di Bali. Apakah saya salah?
>
> Intelektual, Pariwisata, Pembangunan, dan Kekuasaan
> Mandeg dan senyapnya suara intelektual Bali di kancah nasional banyak
> dipengaruhi dari kondisi yang membentuk Bali di zaman Orde Baru. Dari
> tahun 1970-an, saat konsolidasi kekuasaan Orde Baru pasca pembantaian
> massal 1965, terjadi manipulasi luar biasa dalam pembentukan pola
> pikir manusia Bali. Orde Baru melakukan pembentukan "industri manusia
> Orde Baru" dengan sangat canggih. Manusia Bali dibentuk menjadi sangat
> penurut dan apolitis. Ini tentunya seiring dengan gemuruhnya industri
> pariwisata yang membutuhkan "pelayan-pelayan" yang tampak manis,
> sopan, dan baik hati di mata wisatawan.
>
> Intelektual yang bermukim di institusi pendidikan "dibonsai",
> "dikandangkan" , dibuatkan panggung untuk mendukung proyek
> pembangunanisme dan pariwisata. Perguruan tinggi menyediakan
> "argumentasi akademik" untuk mendukung pembangunan pariwisata. Lalu,
> intelektual membuat berbagai studi-studi yang menghubungkan bagaimana
> pariwisata mendukung pembangunan, pariwisata menumbuhkan budaya, dan
> segala hal yang "membaik-baikkan" pariwisata dan pembangunan. Maka
> tidak heran jika saat itu, antara tahun 1980-1990-an banyak
> intelektual Bali yang merasa bangga mendapatkan proyek penelitian
> pariwisata atau para profesornya yang menjadi tim ahli. Jargon
> "intelektual pariwisata" atau "intelektual pembangunisme" adalah
> julukan yang pantas untuk masa ini.
>
> Dhakidae (2003) secara jernih dan tajam menunjukkan bagaimana potret
> intelektual pada masa rezim otoritarian Orde Baru dalam tiga macam:
> intelektual tukang yang benar-benar menjadi "buruh kekuasaan", yang
> mengabdikan diri sepenuhnya dan berani mati pada kekuasaan (baca:
> rezim Orde Baru), intelektual yang mencoba untuk melakukan "langkah
> subversif" dengan masuk ke lingkaran kekuasaan dan mencoba merubah
> kekusaan dari dalam, dan intelektual idealis yang tetap memegang teguh
> nilai-nilai intelektual dan berada di luar jalur kekuasaan (Dhakidae
> via Amagola, 2003).
>
> Praktik dari pernyataan itu di Bali salah satunya adalah pada bidang
> institusional pendidikan di perguruan tinggi. Iklim akademik dan
> suasana perkuliahan—khususny a di Universitas Udayana—mempunyai
> tanggungjawab moral terhadap pembusukan intelektual Bali pada masa
> itu. Suasana perkulihan yang stagnan memandulkan daya kritis
> mahasiswa. Maka tidaklah heran jika muncul kelompok-kelompok studi di
> kalangan mahasiswa Bali yang tidak puas dengan iklim akademik di
> kampus yang normatif dan berada di menara gading.
>
> Kelompok-kelompok studi seperti Forum Merah Putih, personal
> dosen-dosen, kalangan LSM, dan tokoh-tokoh masyarakat yang kritis
> mempunyai andil besar dalam dinamika intelektual di Bali. Kehadirannya
> mendorong munculnya lingkaran mahasiswa dan intelektual Bali yang
> gundah dengan eksploitasi besar-besaran pariwisata yang menimpa tanah
> Bali. Rangkaian diskusi berlangsung dan beragam organisasi mahasiswa
> merespon proyek pembangunan industri pariwisata yang meminggirkan
> manusia dan menjual tanah Bali. Diantaranya yang mencuat adalah
> perlawanan terhadap pembangunan proyek Bali Nirwana Resort (Mudana,
> 2005; Picard, 2006) dan mulai tumbuh suburnya iklim akademik yang
> kritis dan relasi yang penting dengan beragam kelompok masyarakat. Hal
> ini ditunjukkan dengan turunnya kelompok-kelompok LSM dan mahasiswa
> untuk melakukan advokasi terhadap beberapa kelompok masyarakat yang
> menjadi korban struktur kekuasaan pemerintah, pembangunan dan
> pariwisata.
>
> Intelektual Kapling dan Saling Sikut
> Sebenarnya ada hal yang potensial untuk menggairahkan dunia
> intelektualisme di Bali. Hal yang potensial itu adalah para orang Bali
> yang memilih untuk keluar merantau dan menjadi tenaga pengajar,
> peneliti atau bekerja di luar Bali bahkan di luar negeri. Ilmuwan ini
> bukan hanya pada bidang ilmu-ilmu sosial tapi berbaagai bidang
> lainnya. Sumbang saran dan peran serta mereka tentu sangat penting
> untuk Bali, memberikan ide-ide perbaikan untuk membangun Bali.
>
> Tapi coba simak apa yang yang dikeluhkan seorang ilmuwan sosial dan
> politik dari Bali yang menjadi dosen di sebuah universitas bergengsi
> di Jawa, "Mekejang be mekapling, sing nyak ngawag nyemak lahanne."
> (Semua sudah dikapling, tidak mau sembarangan mengambil lahan mereka).
> Siapakah yang dimaksud?
>
> Dalam dunia ilmuwan, para intelektual ini ternyata juga "saling
> sikut", merasa punya "wilayah kekuasaan" masing-masing yang tidak bisa
> dimasuki. Kok seperti preman ya? Kalau wilayah integritas dan keahlian
> bidang keilmuan, saya kira sudah sepantasnyalah saling kapling dan
> menekuni bidangnya masing-masing. Tapi saya kira yang disampaikan Bli
> ini adalah soal kapling proyek penelitian atau yang lainnya.
>
> Ada kesan—semoga saya salah—"lahan Bali" telah dikusai oleh
> intelektual- intelektual yang berdomisili Bali, dan dosen-dosen atau
> peneliti di universitas- universitas di Bali adalah salah salah
> satunya. Ini menyebabkan ruang gerak intelektual asal Bali yang
> berkiprah di luar untuk memberikan sumbangsih pemikirannya dianggap
> merongrong kekuasaan intelektual lokal Bali yang telah menguasai lahan
> tersebut. Pernyataan ini memang agak tendensius, tapi sebenarnya
> inilah yang terjadi. Secara tanpa sengaja, ruang bagi intelektual Bali
> di luar Bali untuk memberikan sumbangan terhadap apa yang terjadi di
> Bali menjadi terbatas karena proyek kapling lahan-lahan proyek
> tersebut.
>
> Grup-grup atau kelompok-kelompok intelektual juga menjadi persoalan
> lain. Ini tentu sah pada dunia akademik yang penuh subjektifitas dan
> beragam kepentingan tumbuh berkembang. Namun yang disayangkan,
> pengkotakan dan rivalitas tersebut justru mengkerdilkan Bali, bukan
> mengembangkan Bali dengan pikiran-pikiran dan studi mereka.
>
> Mengambil Tanggungjawab dan Tidak Balisentris
> Buktinya adalah apa yang sudah dilakukan intelektual Bali dalam
> menyikapi fenomena bangsa ini? Praktis sangat minim kalau tidak
> dikatakan nol besar. Saya jadi iri dengan beragam potret intelektual
> atau lembaga riset yang mempunyai perhatian soal ini. Jaringan Katolik
> dan Kristen memiliki jaringan Kompas, Kanisius, STF Driyarkara, Sanata
> Dharma, Atmajaya, CSIS atau yang lainnya. Jaringan muslim memiliki
> Paramadina, Muhamadiyah, intelektual UIN, Jaringan Islam Liberal dan
> banyak lagi yang lain.
>
> Argumen "minoritas" yang diajukan adalah bukti kekalahan,
> keterpinggiran. Memang ada relasi kuasa dalam jaringan intelektual,
> namun jika mengedepankan Hindu adalah minoritas sungguhlah argumentasi
> yang naif dan kekalahan sebelum bertanding.
>
> Sepantasnyalah sekarang intelektual Hindu Bali mengambil tanggungjawab
> moral untuk menyumbangkan pikirannya terhadap fenomena bangsa hari
> ini. Ruang-ruang publik untuk hal itu harus direbut, seperti merebut
> media massa untuk menulis opini atau berbagai cara lain. Ini tentunya
> dengan bidang keahlian masing-masing. Sudah pasti hal itu kini telah
> terjadi dan banyak intelektual Hindu Bali yang berintegritas dalam
> bidangnya dan mewarnai perdebatan fenomena kebangsaan kita. Agar
> jangan intelektual Bali selalu lekat dengan "Menteri Pariwisata dan
> Kebudayaan" atau bidang-bidang yang berada dalam ruang lingkupnya.
>
> Selain mengambil tanggungjawab moral tersebut, menjadi tidak
> Balisentris juga sangat penting. Artinya adalah jangan mengganggap
> persoalan Bali selalu penting, atau jika ada yang menyinggung Bali,
> pastilah intelektual Bali atau komponen masyarakat Bali akan
> meresponnya. Sementara jika ada persoalan di daerah lain, suara dari
> Bali praktis tidak ada. Inilah sikap Balisentris yang memandang
> daerahnyalah yang paling penting untuk direspon, ditanggapi. Kesan itu
> muncul dari jarangnya intelektual Bali untuk "memandang keluar" dan
> belajar dari kebudayaan lain, jangan hanya melihat dan mempelajari
> kebudayaan sendiri saja.
>
> Rahajeng…
>
> I Ngurah Suryawan, Mahasiswa Program Doktor Antropologi Universitas
> Gadjah Mada Yogyakarta. Bukunya, Bali Pascakolonial: Jejak Kekerasan
> dan Sikap Kajian Budaya segera terbit.
>
> --
> Anton Muhajir
> www.rumahtulisan. com - Personal Blog
> www.balebengong. net - Balibased Citizen Journalism
>
>
> ------------ --------- --------- ------
>
> Yahoo! Groups Links
>
> <*> To visit your group on the web, go to:
> http://groups. yahoo.com/ group/baliblogge r/
>
> <*> Your email settings:
> Individual Email | Traditional
>
> <*> To change settings online go to:
> http://groups. yahoo.com/ group/baliblogge r/join
> (Yahoo! ID required)
>
> <*> To change settings via email:
> mailto:baliblogger- digest@yahoogrou ps.com
> mailto:baliblogger- fullfeatured@ yahoogroups. com
>
> <*> To unsubscribe from this group, send an email to:
> baliblogger- unsubscribe@ yahoogroups. com
>
> <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
> http://docs. yahoo.com/ info/terms/
>


Chat online and in real-time with friends and family! Windows Live Messenger


Yahoo!7 recommends that you update your browser to the new Internet Explorer 8. Get it now..

__._,_.___


Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___

Tidak ada komentar: