JAWABAN SAYA:
1. Tentang membaca sampai habis;
a. Kalau diawal-awal saja sudah diketemukan konsepnya yang bertentangan dengan logika saya,
maka ini perlu diselesaikan dulu. Nggak ada gunanya dilanjutkan membaca. Sebab semakin ke
dalam sudah pasti akan semakin kacau.
b. Coba seandainya cara penulisan anda terkonsep dengan baik, tidak bertele-tele, sedikit kalimat
tapi terkandung nilai-nilai yang besar, pasti orang dengan senang sekali membacanya. Nggak
perlu dimarah-marahi.
c. Coba seandainya pola pikir anda saya kenali sebagai pola pikir yang rasional, pasti saya senang
sekali membacanya. Tapi karena anda saya kenal sebagai tukang khayal, ya ogahlah.
Lihatlah, kalau saya 'kan selalu Alkitabiah:
>> 1Timotius 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu
beribadah.
Jadi, kalau saya membatasi diri terhadap anda, itu ada alasannya yang jelas.
2. Lagi-lagi anda merekayasakan kesalahan ke pihak lawan. Padahal yang tidak fokus dengan topik
adalah anda. Tapi yang anda salahkan saya. Kalau saya nggak mungkin menyimpangkan topik,
sebab saya membaca tulisan orang selalu secara teliti dan berurutan dari atas. Sehingga nggak
mungkin akan keluar rel. Coba anda periksa aja, berapa banyak point pertanyaan-pertanyaan saya
yang belum anda jawab. Jika pertanyaan-pertanyaan yang tergolong inti tidak anda jawab, maka
akibatnya pembicaraannya bisa lari kesana kemari.
3. Kenapa saya mengabaikan pendapat anda? Sebab ada pendapat yang lebih tinggi dari pendapat
anda, yaitu Alkitab. Karena itu biasakan berbicara itu yang ada landasannya, seperti kebiasaan
saya. Silahkan anda periksa semua tulisan saya, maka anda takkan menemukan kata-kata ini:
"Menurut pendapat saya……" - Saya tidak pernah menggunakan kata-kata macam begini ini.
Apa sebab? Memalukan sekali, kalau sampai ditolak orang: "Memangnya kamu siapa, sehingga
mengeluarkan pernyataan?" – Inilah yang saya jaga. Tapi sekalipun saya ini hanya gembel, jika
perkataan saya dilandasi dengan referensi yang kuat, saya menjadi percaya diri.
4. Tentang kelahiran, kematian dan kebangkitan yang anda nyatakan sebagai sama pentingnya,
merupakan pernyataan yang lemah sekali dan salah sama sekali;
a. Anda memperingati kelahiranNYA: Natal, dan kebangkitanNYA dengan ibadah hari Minggu.
Tapi kematianNYA? Malah selalu anda tenggelamkan.
b. Anda menyodorkan 1Korintus 15:13-14;
Ayat ini menonjolkan kebangkitan YESUS-nya, bukan menonjolkan "hari" kebangkitannya.
Dan kalau masalah "hari" yang harus ditonjolkan, Alkitab sudah mempunyainya, yaitu: Sabtu.
5. Bung Edi, tulisan anda itu memang membingungkan dan ruwetnya kayak Mie Ayam yang nggak
pakai pangsit. Jadi, saya harus katakan apa? Masak tulisan buruk harus saya katakan: baik?!
Bohong jadinya.
Nah, sekarang saya beritahukan rahasianya, kenapa tulisan anda itu bisa begitu ruwetnya? Sebab
anda berusaha menutupi kesalahan. Kasusnya sama kayak maling yang ditangkap Polisi, yang
omongannya kacau-balau karena harus menutupi kesalahannya.
6. Tentang kesetaraan YESUS dengan ALLAH:
a. Ada perbandingan menyatakan adanya 2 orang; bukan 1 orang.
b. Arti setara itu adalah sebanding, bukan sama persis; kurang-lebih.
Kalau anda mengajak rapat staf anda, itu artinya staf anda itu setara dengan anda. Sebab
perkataannya anda pertimbangkan.
>> Yeremia 23:18 Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN,
sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah
yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya?
23:22 Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah
mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa
mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari
perbuatan-perbuatannya yang jahat.
Lihat, ada Dewan Musyawarah ALLAH.
c. ALLAH itu gelar, bukan nama. Alkitab mengenalkan Keluarga ALLAH itu terdiri dari:
ALLAH BAPA, ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS.
Itulah sebabnya tulisan anda saya katakan kacau-balau kayak Mie Ayam, sebab 3 Orang anda
katakan sebagai 1 Orang. Wong Alkitab jelas-jelas memberikan pemisahan, tapi anda
menyamakannya. Bagaimana nggak ruwet?
7. Dalam hal mengosongkan diriNYA – Filipi 2:7, lagi-lagi anda tidak memberikan keterangan
sebagaimana yang saya tuntut. Kalimat anda muter-muterisasi nggak berujud, kayak hantu.
Bukankah yang saya tanyakan: Ketika YESUS menjadi manusia, di sorga ada siapa? Harusnya,
kalau menurut rumus Trinitasnya, di sorga kosong, nggak ada siapa-siapa;
BAPA + YESUS + ROH KUDUS = ALLAH[kata anda]. Karena itu jika YESUS-nya nggak ada,
maka nggak mungkin masih ada ALLAH, 'kan?!
Tapi coba anda lihat kembali jawaban anda:
(ketika Ia tidak mempertahankan EksistensiNya demi manusia, maka ia bukan hanya tidak
memertahakan tetapi mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan manusia. Apa yang
saat ini dimilikiNya ketika sudah mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan
manusia? Banyak seperti, Dia harus lahir dari manusia, Dia menangis dan bersedih, Dia lapar dan
haus, Dia dicobai oleh Iblis, Dia berdoa, Dia mati dan Dia dibangkitkan, ketika Ia meninggalkan
eksistensinya sebagai Allah dan menjadi manusia, maka sifat-sifat manusiapun melekat padaNya.
Tidak ada keterangan apakah ALLAH masih ada atau lenyap. Apa nggak ruwetisasi namanya?
8. Daftar pertanyaan anda:
BUng hakekat, apa yang anda tanggap ketika Yesus memasuki sinagoge pada hari sabat? Dan apa
yang anda tanggap ketika para rasul memasuki sinagopge pada hari sabat? Dan apa yang anda
tanggap ketika para rasul selepas kematian kristus selalu berkumpul pada hari minggu? dan apa yang
anda tanggap selepas kebangkitan kristus, yesus selalu menjumpai mereka pada hari minggu? Dan
apapula tanggapan adan mengenai hukum taurat? apakah hukumk taurat itu hanya sepuluh hukum?
a. YESUS masuk sinagoge pada hari Sabat, sebab ketika itu masih belum ada gereja HKBP yang
ibadahnya hari Minggu. Dan sekalipun ada gereja HKBP, YESUS pasti akan pilih ke gereja
Advent. Saya aja nggak mau masuk gereja HKBP. Lebih-lebih YESUS. Iya, nggak?!
b. Para rasul masuk sinagoge pada hari Sabat, karena mereka adalah murid YESUS, bukan
rasulnya Paus Vatikan.
c. Tidak ada pertemuan ibadah para rasul di hari Minggu. Jika anda berpikir ada ayatnya, silahkan
anda ajukan ke saya. Kelihatannya sudah saya bahas dalam tulisan: USAHA-USAHA
MENGGUGURKAN HARI SABAT. Saya tahu ada 8 ayat yang menyebut-nyebut tentang hari
Minggu. Tapi tidak ada 1 ayatpun yang mengesankan sebagai hari ibadah.
d. Tidak ada keterangan dalam Alkitab yang menerangkan YESUS "selalu" menjumpai muridNYA
setiap hari Minggu. Itu hanya terjadi sekali, yaitu di hari kebangkitan YESUS[Minggu], mereka
berkumpul untuk membicarakan issue kebangkitan YESUS. Rupanya banyak murid yang nggak
mempercayai berita itu sehingga mereka mendiskusikannya.
e. Perjanjian Baru hanya meniadakan peraturan-peraturan dari Hukum Tauratnya saja, bukan
meniadakan hakekatnya. Karena itu sesungguhnya tidak ada yang diubah, malah semakin
dikokohkan.
f. Hukum Taurat itu terdiri dari:
1. Hukum Upacara - dihapuskan disalib YESUS.
2. Hukum Moral - 10 Hukum ALLAH.
3. Hukum Sipil - Hukum pemerintah negara setempat.
4. Hukum tambahan - seperti makanan haram dan sunat[Imamat] – dihapus.
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
DISKUSI DENGAN BUNG EDI CASS
TULIS SAYA:
Bung Edi Cass, ngapain anda nggondok dengan saya? Masak sih sikap saya ini mengesankan memusuhi anda? Enggak koq. Saya ini membicarakan doktrin. Bukan memusuhi siapapun. Bukan melawan darah dan daging[pribadi-pribadi], melainkan melawan ajaran-ajaran dan system-system yang kacau-balau. Masak anda kalah ulet dengan penginjil bunda Roslina dan Wiedya?
Nah, sekarang ini mumpung ada topik masalah Sabtu dan Minggu, yang bikin bunda dan Wiedya sesak napas, masak anda tega mendiamkannya saja?
Tega amat?! Ayo, turun gunung dong. Ben rame, ben kiamat tahun 2012 yang sudah terlanjur difilmkan itu bisa benar-benar terjadi. Sehingga setidaknya milis hakekatku_00@yahoogroups.com, telah ikut
berpartisipasi, bukan?! Hua..ha..ha.....
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
Dear rudy hakekat, hakekat hidup, hakekau hidup, hakekat sayap berjubel nama samaran lainnya..
Saya tidak memusuhi anda, juga tidak membenci anda, juga tidak merindukan anda hehehe...
Bagi saya anda adalah seorang pribadi yang memang berapi-api dalam menyampaikan sebuah keinginan dan pengetahuan...
Tapi pada saat yang sama saya juga melihat anda hanya sedikit berbeda dari orang orang kafir lainnya seperti Islam, ateis, saksi yehova, arianisme, gnosis dan lain sebagainya yang telah disesatkan. Tetapi kalau anda tidak menerima itu juga hak anda. Kalau anda menganggap diri anda pengikut Kristus, saya tidak menyangkal, tetapi anda belum mengenal Kristus yang sejati...Tafisran alkitab anda juga terlalu sering hanya mengikuti selera pribadi dan tidak kontekstual mirip tafsiran islam.Semua mengikuti selera pribadi.
Cuman satu yang perlu saya ingatkan sama saudara, Alkitab itu kitab karya ciptaanmu yang bebas kamu tafsirkan sembarangan. Alkitab itu tulisan para nabi dan rasul dan erat dengan sebuah zaman, situasi dan tantangan tertentu. Jadi dalam penafsiran alkitab maka tidak mengikuti selera pribadi tetapi harus bersesuaian dengan kontekstual.
Aku berharap anda tidak menambah deretan kaum muslim yang sesat yang demi membela nabinya yang tidak kudus maka menyebarkan segala kebohongan yang semakin meningkat dari zaman ke zaman.
Saya, selama enam bulan ini memang tidak pernah menulis dimilis manapun selain hanya membaca apabila saya ada waktu luang.
Waktu saya yg selama enam bulanan ini hanya saya bagi untuk pelayanan organisasi yang saya ikuti, penginjilan pribadi, seminar, saat teduh, poendalaman Alkitab, kelompok Kecil, dan untuk pengembangan perusahaan saya sendiri. Jadi tidak ada waktu yang saya sisihkan untuk menulis. Wakjtu saya yang ada sebahagian saya gunakan untuk istirahat supaya saya fit dan sehat.
Saya bertanggyungjawab terhadap banyak hal termasuk nasib karyawan saya supaya tetap bisa makan dan minum...
Saya saranbkanb kepada anda belajar Alkitab secara kontekstual duklu bung rudi supaya jangan bersalahan. Saya khawatir jika anda tetap bertahan dalam kondisi anda yang belum bertobat, terus menafsirkan Alkitab sesuka hati mengikuti selera pribadi, saya khawatir kedepan anda menjadi sama seperti poara penyesat lainnya seperti Muhammad (muslim), Arius, davidian, ateis dan lain sebagainya.
Cuman diatas segalanya itu, saya tetap percaya bahwa Domba-domba Kristus mengenal SuaraNya dan tidak ada satu kekuatanpun yang bisa memisahkannya dari Kristus. Jadi kaklau anda memang benar domba Kristus, maka Pastilah Kristus mengenal anda dan anda akan dipimpim kepada kepenuhan pengenalan akan Dia. Tetapi jika anda bukan dombaNya, maka hanya menunggu waktu saja bahwa anda akan hengkan dari jemaahNya dan akan menjadi pengikut Salah Satu Aliran Setan didunia ini bisa menjadi ISlam, gnostik, arian, davidian, saksi jehovah dan penyesat-penyesat lainnya. Jika anda sudah dubarisan aliran setan ini maka anda akan menjadi sama seperti salah satu diantara mereka, penyebar kebohongan / dusta dan akan berusaha sekuat tenaga menghancurkan Kekristenan. Tetapi hal itu sampai akhir zaman itu tidak akan berhasil.
oh ya btw, kemana anda akan pergi setelah out dari jakarta?
regards
Edi Cassanop
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
Nah, gitu dong nongol dan menyampaikan buah pikirannya. Sebab sebagai penginjil anda mempunyai tanggungjawab moral jika mendapati kesalahan-kesalahan yang mencolok didepan mata anda.
Terimakasih atas koreksian anda. Saya pikir ada baiknya jika sekali-kali saya ini menuruti kehendak pikiran anda. Baiklah, sekarang juga saya akan ikuti anda kemana saja anda perginya. Saya akan nurut, tunduk dan patuh pada anda.
Bung, Edi, mudah-mudahan anda mempunyai pengetahuan yang luas bahwa didunia ini ada ratusan merk gereja dengan masing-masing ajarannya. Adapun posisi saya saat sekarang ini ada di Ciputat. Bisakah anda tunjukkan kepada saya, saya harus pergi ke gereja apa, alamatnya dimana, supaya saya bisa segera dibaptiskan di gereja tersebut.
Atau, apakah saya harus bergabung ke gereja anda? Boleh! Tapi bersediakah anda memberikan ciri-ciri tentang gereja yang benar?
>> Apakah yang ibadahnya hari Minggu?
>> Apakah yang ibadahnya sembarangan hari?
>> Apakah ada bahasa Sewelewelenya? Saya harus kursus bahasa tersebut dimana?
Primagama-kah?
>> Apakah gereja itu yang merayakan Paskah dengan telor mata sapi?
>> Apakah gereja itu yang merayakan hari Natal?
>> Apakah gereja itu yang menyembah pohon Cemara?
>> Apakah gereja itu yang yesusnya berambut gondrong kayak pengamen?
>> Antara gereja anda dengan gerejanya Wiedya dengan gerejanya bunda Roslina,
manakah yang benar?
>> Apakah gereja itu harus mempunyai tanda 666?
Kalau anda tidak menjawab pertanyaan-pertanya an ini maka anda adalah gembala yang palsu dan sesat. Sebab ketika ada domba yang bertanya tidak anda berikan jawabannya.
Mulai sekarang saya sudah nggak ke gereja Advent lho. Jadi, nasib saya sekarang ini berada di tangan anda. Maka: "Mau dibawa kemana hubungan kita?" - saya pingin tahu.
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
Dear rudy hakekat,
Buah pikiran disampaikan tidak melulu hanya dimilis bung rudy. Milis itu hanyalah salah satu...
Bung rudy, seumur-umur saya tidak pernah berharap agar seorang manusia menurut keinginan saya. Semua orang punya hati nurani untuk tahu membedakan yang baik dan yang jahat. Dan khusus mengenai keimanan ada Alkitab yang harus dituruti, tetapi tetapi harus kontektual..
Bung rudi, agama manapun didunuia ini memiliki banyak kelompok. Mau Islam, Hindu, Budha, Konghucu dan lain-lain. Sama halnya dengan Gereja, ada begitu banyak nama Gereja, tetapi Gereja-gereja itu dapat dikelompokkan hanya dalam beberepa sekte saja yakni / golongan saja :
1. Sekte ortodok / golongan ortodok (baik ortodok timnur mauopun ortodok oriental. Disini termasuk Gereja Ortodok Siria, Gereja Ortodok Yunani, Gereja Ortodok Rusia, dll. Gereja orotodk mesir, Gereja ortodok Libanon . Gereja-gereja ini tumbuh pesat dan mayoritas dikawasan timur tengah, sebahagian kawasan afrika seperti etiopia, dan kawasan eropa timur serta negara-negara Balkan.
2. Sekte Katolik / Golongan katolik. Yang termasuk golongan ini adalah katolik roma dan katolik anglican
3. Sekte protestant / Golongan protestant, golongan ini termasuk gereja-gereja Luteran, di Indonesia seperti GMI, hkbp, bala keselamatan dan lain-lain)
4. Sekte pantekosta dan kharismatik (gereja gereja pantekosta dan karismatik seperti gpdi, Gkii, GBI dll)
5. Sekte / golongan adventisme
Saya tidak ingin merunut latar belakang munculnya golongan-golongan ini. Saya hanya melihat selama mereka masih memberitakan Injil Kristus maka mereka adalah Gereja Kristus. Kalau anda org GMI misalnya be4rarti anda golongan protestant, kalau anda GPDI berarti anda golongan pantekosta, kalau anda GOI berarti anda golongan rotodok, kjalau anda anglican berarti anda golongan katolik.
Saya harap anda mengerti apa oitu arti sekte, golongan. Jangan kamu anggap nama Gereja yang berbeda maka akan menghasiklkan satu golongan.
Sama seperti kebiasaan agama-agama lainnya, kelima golongan gereja ini juga bisa beranggapan bahwa golongannyalah yang paling benar. Tetapi pada umumnya pendapat-pendapat ini muncul karena :
1. Keterbatasan pemahaman
2. Terbelenggu oleh masa lalu
3. Hanya mengenal gerejanya sendiri.
Tetapi hal itu tidaklah sebanyak zaman dulu, orang-orang kristen hanya tinggal sedikit yang hanya membenarkan gerejanya sendiri dan menganggap yang lain kurang alkitabiah atau tidak alkitabiah. Sangat salah jika ajaran seseorang juga dianggap sebagai perwakilan dario Gereja. Semua ajaran harus diuji berdasarkan Alkitab dan tentu alkitab yang kontektual penafsirannya, bukan penafsiran yang sesuka hati menurut saya, menurut golongan saya dll.
Anda bertanya mengenai ciri-ciri gereja yang benar. Namun saya lihat semua pertanyaan anda hanyalah yang bersifat lahiriah, bukan hal yang bersifat rohaniah. Lagipula pertanyaan-pertanyaan anda adalah hal yang sudah berulang-ulang dibahas.
1. Apakah yang ibadahnya hari Minggu? Sudah sering dibahas ini bung hakekat, Silahkan anda melakukan ibadah dihari Sabtu, Allah tidak terganggu akan hal itu. Dalam kekristenan, kedua hari ini memiliki nilai rohani dan sejarah. Jadi kalau anda berbadah di Hari Sabtu silahkan itu tidak salah asalkan Kristus yang anda beritakan dan bukan menangani aturan aturan hari hari, bulan-bulan baru dan segudang larangan aturan-aturan perhentian lagi tetapi hari kungkungan. Tuhan kita itu tidak terbatas akan hari jadi jangan dibatasi dengan kungkungan hari. Demikian juga yang beribadah dihari Minggu. Kalau kamu merasa bahwa imanmu terbangun kepada Allah jika hanya beribadah dihari sabtu siklahkan.
2. Apakah yang ibadahnya sembarangan hari? Ibadah kepada Tuhan itu adalah ibadah yang tidak diikat oleh hari tertentu. Jadi kalau mau mengadakan ibadah kelompok, ibdah kkr atau ibadah apa saja dan untuk keperluan apa saja silahkan. Hanya secara khusus perkumpulan jemaah dalam alkitab hanya dikenal dua hari yaitu hari sabtu dan minggu. Tetapi perkumpukan pribadi untuk acara-acara yang disdiakan silahkan, Memuji dan menyemnbah Tuhan itu seharunsyalah 7 x 24 jam. Karena ketika kita bekerja maka haruslah kita memuliakan TUhan.
3. Apakah ada bahasa Sewelewelenya? Saya harus kursus bahasa
tersebut dimana? Primagama-kah?
Bahasa sewele-wele, sepertinya ini hanya bahasa hakekat Rudi. Tidak ada orang yang mengatakan gereja bahasa sewele-wele. oh anda sedang menyinggung beberapa gereja dari golonganb pentakosta dan kharismatik? Sepertinya mereka juga tidak berkata demikian. Cuman pernah pada awal berdirinya mereka menekankan sekali bahasa roh sebagai salah satu ciri karunia-karunia ruhani. Bahasa roh memang adalah salah satu karunia Rohani diantara karunia-karunia rohani lainnya seperti karunia imanm, karunia mengadakan muzizat, karunia menyembuhkan, karunia pengetahuan, karunia mengajar dll. Kesalahan mereka dizaman dulu adalah ketika mereka menekankan bahasa roh dan sampai-sampai mengutamakan karunia bahasa roh sehingga mereka sampai mengatakan bahwa orng yang tidak berbahasa roh belum lahir baru.
Nah pemahaman ini jelas salah. INi seperti ajaran marcion dizaman dahulu kala yang telah ditentang oleh gereja ortodok. Akan tetapi seiring kedewasaannya maka mereka tidak mengajarkan demikian lagi. Jadi tidak ada bahasa sewele-wele hakekat. sewele-wele itu hanya milik hakekat. hehe
4. Apakah gereja itu yang merayakan Paskah dengan telor mata sapi?
Sudah pernah dibahas bung hakekat. Perayaan paskah yg dilakukan umat kristiani berbeda dengan perayaan pasakan yang dilakukan paa zaman perjanjian lama. Kalau pada zaman perjanjian lama paskah dirayakan untukj mengingat hari pembebasan umat israel dari mesir dimana setiap anak sulung israel diselamatkan dan setiap anak sulung di mesir musnah. Jadi hari pembesan dari mesir ini yang mereka rayakan. Masih sedikit bersfifat lahiriah meski ada nilai rohaninya. Perayaan paskah yang dilakukan kristiani adalah mengingat kebangkitan kristus sebagai bukti telah mengalahkan maut. Hai maut, dimanakah sengatmu? Jadi perayaan tentanag kemenangan terhadap maut, kemenangan terhadap kuasa dosa yang telah diberikan Kristus.
Telor spi? Hehe. Sepertinya mata anda hanya kepada hal yang brsifat lahiriah aja bung hakekat. Emang yang mengajarkanb perayaan paskah pake telor sapi, telor ayam itu siapa? Gak ada hakekat. Oh..karena anda melihat kalau momen paskah maka telor paskah dibagikan? hehe, itu tidak ada kaitannya dengan perayaan paskah itu sendiri. Tidak ada gereja yang mengajarkan kalau paskah tanpa telor sapi danm telor ayam tidak sah. Tidak ada hakekat.
5. Apakah gereja itu yang merayakan hari Natal?
Sudah pernah dibahas bung hakekat. Apakah hanya ini yang menjadi pertanyaan anda?. Saya merayakan natal karena saya mengingat Yesus pernah lahir. Secara pribadi saya merayakan kelahirannya setiap saat dihidup saya dan saya berusaha untuk sesuai dengan harapanNya. Saya merayakan natal karena saya mengingat Pengorbanan pertama dari Tuhanku bagaimana Ia rela turun kedunia menjadi manusia, bukan hanya sekedar menjadi manhusia tetapi lahir dikandang yang hina. Jadi saya mengingat itu, sebagaimana saya juga mengingat kematianNya dan kebangkitanNya serta tetap mengingat dan menanti kedatanganNya yg kedua kali.
Secara bersama-sama dengan yang lainnya bagiamana? Jemaah kristuskan banyak. Kerinduan untuk mewartakan yesus yang lahir untuk manusia karena KasihNya tentu harus dilakukan dalam satu hari. Kalau secara pribadi saya Kelahiran Yesus harus tiap hari hidup didalam diri saya dan saya ingat, maka secara bersama-sama dengan jemaah lainnya tentu harus dirayakan dalam satu hari.
Pertama sekali kelahrian Yesus dirayakan tanggal 6 januari diwilayah-wilayah kristen baik diwilayah timur maupun wilayah barat. Namun secara khusus diwilayah kristen barat saat itu masih sangat banyak kekafiran. Untuk mengalihkan perhatian orang-orang kafir ini maka perayaan natal yg dirayakan tanggal 6 januari secara bersama-sama, diwilayah barat akhirnya dipindah menjadi tanggal 25 Desember. Tujuan peryaan natal ketika itu hanya satu yakni supaya orang-orang kafir yang selalu berkumpul pada tanggal 25 desember itu mendengar berita kristus yang telah klahri sebagai manusia sehingga mereka beralih dari kekafiran menuju terang kristus.
BUkan dikatakan Yesus lahir 6 januari atau 25 desember tetapi yesus yg pernah lahir sebagai manusia itu dirayakan pada tanggal itu dengan latar belakang yg saya sebutkan diatas. Anda harus bedakan. Jadi sebaiknya belajar kontek sejarah sebelum mebuyat kesimpulan.
Tidak ada seotrang kristenpun yang tahu tanggal berapa Yesus lahir karena tidak ada yang mencatat tanggal kelahiranNya dikandang domba itu. Sebenarnya anda mengikuti paham-paham islam yang ingin menghancurkan kekristenan dari sejak awal berdirinya. Padahakl mereka juga tidak tahu tanggal berapa itu muhammad lahir, tapoi tetap aja dirayakan kelahirannya (maulid nabi), dan ketika itu ditanyakan, jawaban mereka adalah esensinya atau nilai rohaninya.
Loh, kenpa terhadap Natal mereka macam-macam padahal sama. Kuharap anda tidak seperti itu hakekat.
6.Apakah gereja itu yang menyembah pohon Cemara?
Siapa yang menyembah pohon cemara hakekat, Gereja hakekat yah. Banyak sekali dosamu hakekat. Anda menanamkan banyak hal yang jahat dihatimu dan diotakmu dan dipikiranmu dan kamu fitnahkan itu kepada saudara-saudaramu. Jangankan Gereja Kristus, Gereja setan saja tidak menyembah pohon cemara. Pivcik sekali pikiranmu. BUnaglah hal-hal yang kotor dari dalam hidupmu dan hal-hal yang lahir dario ketidaktahuanmu supaya kamu bersih.
7.Apakah gereja itu yang yesusnya berambut gondrong kayak
pengamen?
Siapa yang mengatakan Yesus Gondorong hakekat. Tidak ada gereja yang mnengatakan Yesus gondrong hakekat. itu hanya pikiranmu. Karena kamu melihat film atau gambarya? Dimana yesus dalam film dan gambar selalu tampil berambut panjang gitu? Hakekat-hakekat. Hnaya daroi sebuah film dan gambar akhirnya anda bangun kesesatan pemikiranmu. Segeralh bertobat. Terus anda kaitkan dengan kitab yesaya ya?
Hakekat film-film itu hanya berdasar penelitian sejarah budaya di israel atau timur tengah hakekat. Dimana semua laki-laki di israel atau timur tengah sana paa zaman dahulu tidak sesering kita dalam memangkas rambut. Mereka terbiasa dengan berambut panjang dan berjanggot. Itu fakta sejarah. Atas dasar inilah makanya difilm demikian. Tetapi jangan pula anda katakab bahwa gereja mengajrkan yesus berambut gondorng., Gereja tidak pernah mengurusi rambut dan janggut yesus apakah dia gondorng, berambut cepak atau botak. Gak pernah dirusi gereja itu dan gak pernah disinggung-singgung. Itu hanya ajaran hakekat.
7. Antara gereja anda dengan gerejanya Wiedya dengan gerejanya
bunda Roslina, manakah yang benar?
Sudah saya jelaskan diatas mengenai Gereja silahakn baca. Setiap gereja yang mengajarkan bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat serta yang mengajarkan bahwa satu-satunya jalan keselamatan hanya yesus Kristus, yang masih mengajarkan bahwa semua manusia berdosa, yang masih mengajarkan bahwa diluar kristus tidak ada keselamatan, itu adalah gereja kristus.
Saya mau sampaikan beberapa hal sebagai ciri gereja yasng dapat disebut gereja kristus :
1. Percaya kepada Allah Bapa, PUtra (Anak, Firman Allah, Yesus, Yeshua hamasiah) dan Roh Kudus (Roh Allah, Roh Anak Allah, Roh Yesus, Roh kebenaran,) yang adalah Tuhan
2. Percaya kepada keselamatan itu adalah anugerah Allah kepada manusia \
3. Pervcya bahwa yesuslah satu satunya keselamatan dimana hukuman kekal pasti bagi mereka yang menolakNya dan hidup yang kekal pasti bagi mereka yang menerimaNya
4. Percaya bahwa hanya Alkitablah satu-satunya Firman Allah yang sejati yang tertulis.
5. Percaya kepada kedatangan Yesus yang kedua kali.
Itulah fondasi utama gereja kristus
8. Apakah gereja itu harus mempunyai tanda 666?
Lagi-lagi kesesatan anda semakib banyak. Mana ada gereja Kristus memiliki tanda 666. Sesat sekali anda bro. kalau sudah memiliki tanda 666 maka itu udah anti kristus. Mungkin hakakat kali anti kristus juga, soalnya pernah anda mengatakan anda dan teman-teman anda adalah mesias-mesias bukan?
Bertobatlah bung rudi.
regards
edi cassanop
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
1. Antara Golongan dengan merk gereja:
Anda membagi gereja dalam golongan dan merk gereja. Tapi saya membagi gereja hanya
berdasarkan merk. Sebab setiap merk membawa ajaran yang berbeda. Di mata saya, merk
itu mempunyai perbedaan yang sedikit, sedangkan golongan mempunyai perbedaan yang saling
bertolak belakang. Sehingga secara hakekatnya antara merk dengan golongan adalah sama, yaitu
sama-sama memberikan perbedaan.
Jika pemikiran saya itu saya tarik kepada Alkitab, maka Alkitab hanya membagi gereja dalam 2
golongan saja, yaitu gereja yang Alkitabiah dan gereja yang tidak Alkitabiah. Di mata Alkitab, merk
tidak lagi penting, melainkan segi Alkitabiahnya yang penting.
2. Lahiriah dan Rohaniah:
Anda meremehkan pemahaman saya secara lahiriah atau harafiahnya. Saya bisa memahaminya
dengan perasaan belas kasihan, sebab kelihatannya pendirian anda semuanya tidak ada satupun
yang mempunyai akar dari Alkitab secara harafiahnya, sehingga anda harus menempuh jalur
rohaniah, yang karena kebebasannya, anda memanfaatkannya untuk imajinasi yang liar.
Setiap sesuatu yang tidak nyata atau abstrak itu adalah alam rohaniah. Nah, penafsiran termasuk
juga rohaniah. Tapi rohaniah Alkitab tidaklah liar. ALLAH telah merancang Alkitab secara
systematis, tentu dengan maksud menjaga kemungkinan terjadinya rohaniah liar, seperti yang
sekarang ini sedang anda kenakan.
Setiap kalimat dalam Alkitab yang memunculkan tafsiran, selalu disediakan landasannya untuk
menguatkan tafsiran tersebut. Sehingga kita tidak mungkin bisa menafsirkan Alkitab secara
seenaknya sendiri. Setiap timbulnya pertanyaan orang: "Apa landasan anda berkata begitu?" maka
anda harus bisa menunjukkannya dari Alkitab. Jika, tidak, maka tafsiran anda menjadi tafsiran
liar yang tidak ada landasannya yang kuat.
Permainan tafsiran bukan melulu terhadap Alkitab saja. Undang-undang dan hukum negarapun
tidak lepas dari penafsiran. Tapi setiap tafsiran dalam persidangan pasti akan dijadikan sasaran
pertanyaan: "Atas dasar apa anda berkata begitu?" Dan jawabannya harus selalu mengacu pada
perundang-undangan kembali. Bukannya macam konsep anda yang tafsiran ditumpangi dengan
tafsiran yang lainnya lagi, ditumpangi dengan tafsiran yang lainnya lagi, sehingga semakin
menjauh dari Alkitab. Dongeng ditumpangi dengan dongeng yang lainnya lagi. Itulah anda.
Dalam berkali-kali kita berdiskusi, keunggulan saya adalah: Tidak memberikan peluang kepada
anda untuk bertanya: "Apa dasaran anda berbicara begitu." Apa sebab? Sebab setiap pernyataan
saya selalu saya kunci dengan ayat-ayat yang sangat kokoh. Itulah sebabnya saya selalu menang
dan setiap hari bisa tetap eksis. Nggak pernah saya membolos. Jangankan berbulan-bulan. Lebih
dari 2 hari saja belum pernah, 'kan?!
>> 2Petrus 1:20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab
Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
Mari kita periksa ayat diatas: Apakah ayat itu melarang kita menafsirkan Alkitab? Tidak! Yang
dilarang adalah menafsirkan menurut kehendak sendiri. Artinya, kita harus menafsirkannya
berdasarkan kehendak Alkitab sendiri. Istilahnya: Alkitab menerangkan dirinya sendiri. Dan
konsep demikian rupanya selalu dipakai oleh para nabi dan para rasul dan TUHAN YESUS
sendiri.
Seorang nabi yang muncul selalu mereferensikan perkataannya dari nabi yang sebelumnya.
TUHAN YESUS dan para rasul selalu menggunakan kata-kata: "Ada tertulis." Bahkan nabi
Muhammad berusaha melakukan hal yang sama. Contohnya: Ulangan 18, selalu diusahakan
untuk diambilnya. Injil Barnabas selalu berusaha didesakkan kepada Kristen untuk mengakuinya.
Berbeda dengan agama-agama lainnya, seperti: Hindu atau Buddha, yang berkata-kata sendirian,
tanpa dilindungi referensi dari perkataan orang yang lainnya. Karena itu agama-agama berhala
ini hanya bisa menjadi agama kepercayaan, nggak pernah bisa menjadi agama yang rasional.
Sebab dasar-dasar rasionalnya memang nggak ada.
Masalah Minggu, Natal, Paskah, rambut YESUS, Trinitas, bahasa sewelewele, Jagung Bakar,
Jagung Rebus, Brondong Jagung, bahkan Pop Corn, semuanya nggak ada ayatnya di Alkitab.
Tapi anda saya persilahkan menanyai apa saja tentang Advent, pasti akan saya jawab dengan
seabreg ayat-ayat Alkitab. Kalau olok-olokan terhadap Advent dan Ny. White; anda, bunda
Roslina dan Wiedya, saya akui mempunyai jutaan kata-kata olokan. Tapi seingat saya kalian
belum pernah melontarkan: "Atas dasar apa ………?"
Nah, hari ini adalah tahun yang ke-3 saya melayani anda melalui internet. Saya masih membuka
kesempatan bagi kalian untuk bertanya: "Atas dasar apa …….?" terhadap Advent maupun Ny.
White, saya buka kesempatan hingga tahun 10.000. Jika masih kurang panjang, apa hingga
tahun 20.000? Boleh!
Tapi, sebaliknya, beranikah anda menghadapi serangan pertanyaan dari saya: "Atas dasar apa
………?" – beritahukanlah kalau berani, ya?!
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
BUng hakekat :
Jangan merasa lebih hebat dan bangga karena anda lebih serng nongol dimilis. Itu karena anda tidak PUNYA KERJAAN LAINKAN selain dari MENGAMEN kalau tidak salah (maaf), jadi lumrah anda lebih sering nongol di Alkitab. Senmentra orang lain tidakj seperti anda., Coba berpikir dewasa dalam memandang sesuatu...
Lagi pula anda tidak pernah melayani saya, jadi sekali lagi jangan merasa bahwa anda telah melayani alias punya jasa buat saya dan ternmasuk sama yang lain..
Dan lagi jangan terlalu pede tidak ada peluang untuk bvertanya buat saya terhadap semua tulisanmu, itu pemahaman anak TK atau kmaren sore bung hakekat. Masalahnya karena aku hanya ingin menjawab pertanyaanb yang anda ajukan, bukan sedang iungin bertanya..
Tahukan kamnu bahwa dalam setiap tulisan maka banyak yang bisa dibuat jadi pertanyaan? Pendidikanmu sampai dimana sih hakekat? Kamu tidak pernah menjadi orang yang rendah hati saya lighat selalu berpikir seperti gaya berpikir orang yg tidak mengenal Allah.
Jadi kamu mau aku ingin bertanya ditengah tulisanmu? okelah saya bertanya satu aja dulu.. Mengapa Yesus itu harus bangkit di hari minggu? Mengapa Yesus tidk bangkit dihari senin atau dihari Sabtu yang selalu kamu dengungkan? itu dulu pertanyaan saya..
Jadi sekali lagi jangan anggap tidak ada peluang untuk bertanya yah?
Masalah Gereja sudah saya sebutkan jadi tidak perlu saya ulang lagi. Saya hanya menjabarkan kepada anda mengenai golongan gereja. Dan saya sudah katakan ciri Gereja Kristus itulah Ciri Gereja Alkitabiah. Silahkan baca kembali.
Mengenai rohani dan lahiriah, saya tidak sedang menjabarkan pengertian rohaniah dan lahiriah sama anda. Hanya saja pertanyaan-pertanya an anda itu semuanya bersifat lahiriah. Dan sudah jelaskan. Anehnya anda ulang lagi. Artinya andakan tidak naik kelas.
Anda yang selalu menambah-nambahkan yg tidak pernah diajarkan gereja seperti sewele-wele, rambut gondorng, jagung bakjar dll. Sudah dijelaskan kamu gak nagkap-nagkap juga.
Karena anda mengatakan tidak ada peluang bagi saya untuk bertanya, maka untuk kebodohan anda ini saya sudah jelaskan diatas. Saya hanya ingin menjawab pertanyaanbnmu saja bukan membuat pertanyaan. Dan saya ulangi kembali untuk semua tulisan pasti bisa ditanyakan. Dan karena anda berkata demikian, maka sebelum saya kjenmbali menjawab anda. maka cobalah dulu jawab pertantayaanb saya itu. Satu saja dulu. Gantian. Ini perlu saya buat dulu supaya anda berhenti menganggap bahwa tidak ada peluang bertanya dalam tulisan anda :
" Mengapa Yesus harus bangkit di hari minggu, apa sebab Yesus bangkit dihari itu, kenapa tidak hari senin atau hari lain atau hari sabtu?
Satu dulu hakekat, tidak usah banyak-banyak. Dan nanti menyusul lagi. Tujuan saya satu menggugurkan kesombongan anda dulu yang mengganp bahwa tidak ada peluang untukj bertanya bagi setiap tulisan anda.
Segeralah bertobat..
regards
edi cassanbop
xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
Suatu pertanyaan yang sangat-sangat gampang: " Mengapa Yesus harus bangkit di hari minggu, apa sebab Yesus bangkit dihari itu, kenapa tidak hari senin atau hari lain atau hari sabtu?"
1. Anda telah mengubah kalimat Alkitab; saya mempunyai 38 ayat Alkitab yang
bunyinya: "ALLAH yang membangkitkan YESUS", telah anda rubah kalimat itu
menjadi: "YESUS yang bangkit." Ini menyesatkan sekali.
Saya akan membuat pernyataan yang paling logis yang bekerja sejajar dengan
Alkitab: Bahwa apa dan siapa saja, nggak peduli ALLAH, jika dinyatakan mati,
maka dia tidak bisa berbuat apa-apa. Berbeda dengan konsep pemikiran anda
yang tidak didukung oleh Alkitab; bahwa YESUS yang mati bisa bangkit sendiri.
Hanya oleh sebab DIA anda nyatakan sebagai ALLAH juga. Sebuah konsep
menyesatkan, mengingat cerita penciptaan dunia ini dibuka dengan cerita ALLAH
yang hidup. Bukan ALLAH yang mati. Karena DIA hidup maka DIA bisa
menciptakan.
2. Kenapa YESUS bangkit di hari Minggu? Sebab DIA harus masuk peristirahatan
disepanjang hari Sabtu. Kenapa DIA harus beristirahat dihari Sabtu? Sebab Sabtu
adalah hari yang ketujuh. Ada apa dengan hari yang ketujuh? Hari yang ketujuh
adalah hari peristirahatan yang ditetapkan oleh ALLAH. Dan YESUS sendiri adalah
TUHAN atas hari Sabat.
3. Konsep keselamatan yang Alkitab perkenalkan dilekatkan pada KEMATIAN. Bukan
pada kebangkitan. Untuk penebusan dosa: Israel harus menyembelih domba.
>> Yesaya 53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia
diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang
mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya,
dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
Adapun kebangkitan merupakan proses kelanjutan dari adanya kematian. Alkitab
hanya mengenal kematian. Tidak mengenal kebangkitan. Sebab Alkitab
menerangkan tentang keadaan manusia pada mulanya adalah kekal. Dalam
kekal tidak ada KEBANGKITAN. Yang ada kebangkitan hanya dalam kematian
saja. Dan Alkitab menuliskan: "Pada hari kamu melanggar hukum ALLAH, kamu
akan mati." Itulah sebabnya ada kebangkitan. Sebab ada kematian. Kalau tidak
ada kematian tidak ada kebangkitan.
YESUS datang ke dunia hanya dengan satu tujuan saja, yaitu untuk mati. Itulah
sebabnya ada kebangkitan. Sebab ada kematian. Jadi, inti pekabaran Kristen
adalah KEMATIAN. Inti pekabaran Injil adalah kematian. Orang Kristen harus
memberitahu kepada orang-orang non Kristen: "Hai umat Islam, hai umat Hindu,
hai umat Buddha, dan hai umat Atheis, kalian semua akan mati selama-lamanya."
Inilah yang harus kita beritakan kepada semua orang. Supaya mereka mau
menerima Jalan Keselamatan didalam YESUS KRISTUS, yang telah mati
menggantikan kematian kita.
>> 1Korintus 11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini,
kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.
4. Konsep hari pertama:
Anda membangga-banggakan hari yang pertama? Tahukah anda bahwa adanya
"satu" itu karena adanya akhir[batasan]? Kalau nggak ada akhir, maka satu itu
menjadi tidak ada gunanya?
Kenapa anda memperingati ulang tahun? Tidak lain karena anda mempunyai
batasan hidup. Maka Ulang Tahun dimaksudkan sebagai alat ukur hidup anda.
Angka "satu" diperhitungkan oleh sebab adanya HARGA. Misalnya: Sebungkus
rokok Rp. 6.000,- dari sini maka angka Rp. 1,- mulai diperhitungkan. Tapi kalau
sebungkus rokok itu digratiskan, apakah ada angka "satu"-nya?
Kalau anda hidup kekal, masihkah anda akan menghitung umur anda?
5. Konsep perhitungan selalu yang terakhir:
Tanggal 01 sebuah jembatan mulai dibangun, tanggal 30 jembatan itu selesai. Nah,
tanggal yang manakah yang dijadikan peringatan?
Tanggal 01 seorang ibu mulai mengandung, tanggal 30 bayi itu dilahirkan. Nah,
tanggal yang manakah yang dijadikan peringatan?
Berapakah jumlah anak anda? Nah, anak yang mana yang diperhitungkan?
Tanggal 01 ALLAH mulai menciptakan, tanggal 07 selesai. Nah, tanggal yang mana
yang patutnya dan logisnya diperingati?
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
Dear bung Hakekat,
lagi-lagi gaya atau tipikal anak kemaren sore anda bawa-bawakan disini. Masalah anda gampang menjawabnya tidak perlu anda gembar gemborkan, itu gaya anak yang baru belajar menjawab pertanyaan ibunya. Cukup jawab saja.
Kalau anda dengan mudah menjawabnya ya syukur supaya diskusi tetap berlajut, sebab kalau sangat sulit anda menjawabnya maka bisa jadi diskusi berhenti. Tapi apakah yang dengan mudah anda sebut menjawabnya, benar-benar jawaban yang tepat atau tidak, itu penting doigaris bawahi.
Kmbali dalam tulisan anda tidak pernah bisa menangkap alur pembicaraan sehingga tulisan anda selalu tidak fokus. Saya bukan sedang membicarakan yang membangkitkan yesus ini siapa. Saya tahu hal itu, tidak ada yang salah dari kalimat saya, yang salah itu adalah gaya berpikir anda. Jadi anda harus belajar lagi dalam menganalisa.
Dalam keadaanNya sebagai manusia Yesus disebut dibangkitkan Allah, tapi ingat itu dalam keadaanNya sebagai manusia, sama seperti dalam keadaanNya sebagai manusia selama hidup Ia bergangtung penuh kepada Bapa karena Ia telah dengan rela hati melepaskan KeAllahanNya dan mengosongkan diri menjadi sama dengan manusia yang harus begantung penuh kepada BapaNya. Anda harus mengingat itu supaya pemahamanmu tentang Kristus benar.
Ok kembali kepertanyaan " Mengapa Yesus harus bangkit di hari minggu, apa sebab Yesus bangkit dihari itu, kenapa tidak hari senin atau hari lain atau hari sabtu"
Anda menjawab "Sebab DIA harus masuk peristirahatan disepanjang hari, Sabtu. Kenapa DIA harus beristirahat dihari Sabtu? Sebab Sabtu adalah hari yang ketujuh. Ada apa dengan hari yang ketujuh? Hari yang ketujuh adalah hari peristirahatan yang ditetapkan oleh ALLAH. Dan YESUS sendiri adalah TUHAN atas hari Sabat."
Inti dari jawaban anda adalah sebab Dia harus beristirahat dihari Sabtu. Bukannya seandaianya dia bangkit hari lain Dia juga bisa beristirahat dihari Sabtu. Dan bukankah setelah Dia bangkit juga masih ada 40 harian Dia dibumi dan belum kembali Kesurga? Artinya hal yang sama juga seandaiNya Ia bangkit dihari senin, selasa, rabu, kamis dan jumat. Dan khusus hari Sabtu, apakah selama hidup dibumi Yesus pernah beristirahat menurut konsep yang kamu anut. Ia tidak pernah beristirahat? . Ia senantiasa mengajar. Jadi seandaiNya ia bangkit pada hari Senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu maka tetap sama seperti ketika Dia masih belum disalib.
Lagipula beristirahatNya Tuhan tidak sama seperti yang kamu maksudkan. Tuhan pada kitab kjejadian menyatakan diri pada hari ketujuh Ia berhenti dari segala pekerjaan yang dibuatNya. Ingat berhenti disini bukan berhenti sebagai halnya manusia. Tetapi Allah berhenti dari proses penciptaan (tidak mencipta lagi). Tetapi Allah yang sama juga tetap menopang, memelihara dan menjaga CiptaanNya artinya Ia tidak pernah berhenti meklainkan berhenti dari proses penciptaan.
Kembali ke topik yang diataas, bukankah sama hakekat seandainya Ia bangkit pada hari senin, selasa, rabu, kamis, jumat dan Sabtu, sama bukan?
Jadi jawaban anda karena Dia harus beristirahat dihari sabtu, itu Nonsen sama sekali. Baca penjelasan saya diatas.
Bung Hakekat, anda sepertinya hanya mengaitkanb keselamatan pada hanya paa kematianb kristus saja. Terlalu sempit yang anda pahami mengenai keselamatan. Keselamatan itu adalah sebuah proses.
Sebelum kematian ada kelahiran, setelah kematian anda kebangkitan. Anda tidak bisa pisahkan ketiga peristiwa penting ini. Demi keselamatan manusia prosesnya dimulai dari Kelahiran. Keselamatan manusia itu prosesnya dimuklai paa saat kelahiran Sang Juruselamat. Tidak akan ada kematian kalau tidak ada kelahiran. Zdan sia sialah kematian kalau tidak ada kebangkitan.
Kelahiran, kematian dan kebangkitan kristus adalah satu paket berita yang harus diingat, disampaikan kepada siapapun. Itu aadalah satu paket pada fase kedatanganNya yang pertama. Tidak boleh dipisah-pisah, dan tidak ada yang lebih penting dari yang lain.
Firman Tuhan dalam Kitab 2 Timotius 2 : 8 berbunyi :
"INGATLAH INI, Yesus Kristus yang telah BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI, yang telah DILAHRIKAN sebagai keturunan Daud, itulah yg KUBERITAKAN dalam Injilku"
Kata ingatlah dalam bahasa aslinya menggunakan kata 'μνημονευε - mnêmoneue' dari kata dasar 'μναομαι - mnaomai', meletakkan sesuatu di dalam pikiran.
Akar kata yang sama juga dijumpai dalam ayat ini (salah satu aja diambil contoh) :
Lukas 22 : 19
"Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya , dan memberikannya kepada mereka, kataNya "Inilah TubuhKu yang diserahkan bagi kamu, perbuatlah ini Menjadi peringatan akan Aku"
"Peringatan akan Aku", 'εις την εμην αναμνησιν ; eis tên emên anamnêsin'. Kata 'αναμνησιν - anamnêsin' juga berasal dari kata yang sama 'μναομαι - mnaomai'.
'αναμνησιν - anamnêsin' adalah bentuk akusatif dari 'αναμνησις - anamnêsis'.
'αναμνησις - anamnêsis' berasal dari 'αναμινησκω - anamimnêskô' yaitu preposisi ανα - ana' (ke/ di tengah-tengah) dan 'μιμνησκω - mimnêskô'. Nah, 'μιμνησκω - mimnêskô' ini berasal dari 'μναομαι - mnaomai', meletakkan sesuatu di dalam pikiran.
Dan dalam kitab I korintus 15 : 1- 4 juga disebutkan "........... ......... ..."3'. Sebab yg sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yg telah kuterima sendiri, Ialah bahwa Kristus TELAH MATI KARENA DOSA DOSA KITA SESUAI DENGAN KITAB SUCI, "4" bahwa Ia telah DIKUBURKAN, dan bahwa Ia telah DIBANGKITKAN pd hari yang ketiga, sesuai dengan kitab suci.
I krointus 15 : 13-14 "Andaikata tidak ada KEBANGKITAN, maka Kristus juga tidak dibangkitkan, tetapi andaikata Kristus tidak DIBANGKITKAN, maka SIA SIALAH PEMBERITAAN KAMI dan SIA SIALAH JUGA KEPERCAYAAN KAMU.
Jadi saudaraku, anda tidak boleh meneganggap yang lain tidak penting. Dalam fase kedatanganNya yg pertama, Kelahiran, kematian dan kebangkitan itu satu paket. Tidak ada yang lebih mulia. Tanpa ketiganya tidak akan ada keselematan, semuanya sia-sia. Tidfak akan ada kematian tanpa kelahiran dan sia sialah kematian tanpa kebangkitan. Dan ketiga-tiganya haruslah engkau ingat baik secara pribadi maupun secara bersama-sama dan engkau beritakan baik secara pribadi maupunm secara bersama-sama.
Jadi supaya anda tahu bersdikap terhadap kelahiran, kematian dan kebangkitan itu.
Saya juga tidak membangga-banggakan yang pertama. Saya tidak ada membangga-banggakan apapun. Ohya anda mengatakan adanya satu itu karna adanya yang akhir. Bagaimana kalau saya balik, adanya akhir itu karena adanya yang awal. Adanya tujuh itu kaena adanya satu. Bagaimana bung? Dan bukankah segala sesuatu dimuali karena adanya yang awal. Bahkan Tuhan tidak pernah disebut yang akhir duluan tapi selalu yang awal duluan "Tapi Yang Awal dan Yang Akhir"
Tidak akan ada 7 kalau tidak ada 1, tidak akan ada yang lahir, kalau tidak ada yang mengandung (dalam tulisan anda proses mengandung dan melahirkan sepertinya anda gabung jadi satu proses). Itu udah dua prose yang berbeda bro. Belajar biologi. Gak boleh anda samakan jadi satu prose. Proses mengandung dimulai pada hari pertama hingga hari hingga hari ke 270 (senmbiloan bulan), kemudian proses melahirkan.
Perlu anda ingat juga, peringatakan kepada Karya Allah tidak boleh anda samakan persis dengan peringatakan kepada karya manusia. Sama seperti istilah Allah berhenti tidak boleh anda samakan dengan berhenti bagi manusia. Allah hanya berhenti dari proses penciptaan, tetapi Ia tidak pernah berhenti dari proses pemeliharaan, menopang alam semesta dan menjagaNya.
Saran saya bagi anda belajar alkitab kontesktual. Dan kiranya anda bertobat.
Satu lagi yang mau saya tanyakan " mengapa umat israel memperingati hari pentakosta pada hari minggu juga dan yang lebih penting, mengapa Rohkudus Turun kepada manusia tanpa memandang status manusia itu lagi (apakah dia nbabi, rasul atau penatua, atau jemaat biasa) juga pada hari minggu? Apakah jawaban anda tetap sama seperti diatas karena Roh Kudud ingin beristirahat pada hari sabtu?
Regards
edi cassanop
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
1. Tulisan anda:
Dalam keadaanNya sebagai manusia Yesus disebut dibangkitkan Allah, tapi ingat itu
dalam keadaanNya sebagai manusia, sama seperti dalam keadaanNya sebagai
manusia selama hidup Ia bergangtung penuh kepada Bapa karena Ia telah
dengan rela hati melepaskan KeAllahanNya dan mengosongkan diri menjadi sama
dengan manusia yang harus begantung penuh kepada BapaNya. Anda harus
mengingat itu supaya pemahamanmu tentang Kristus benar.
Pertanyaan saya:
Dalam paragrap tersebut anda mengakui adanya: Manusia YESUS dan ALLAH BAPA. Yang
demikian ini SATU atau DUA? – Baik, saya asumsikan anda menjawab: Dua, dengan
keterangan; ketika di sorga asalnya SATU. Apakah seperti ini konsep berpikir anda?
Jika asumsi saya benar, maka saya pikir pemahaman berbahasa Indonesia anda sangat baik. Tapi
jika asumsi saya salah, berarti saya sedang berhadapan dengan seorang asing yang sedang belajar
bahasa Indonesia. Karena itu kalau nggak nyambung ya normal aja.
Sekarang saya uji, apakah anda orang Indonesia atau makhluk Alien?
>> Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut
gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di
laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas
seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di
bumi."
Kata: KITA, bentuk tunggal atau jamak? – Harus dijawab.
>> Kejadian 3:22 Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah
menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan
yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan
tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu
dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya."
Kata: "Salah satu dari KITA" tolong anda terangkan dengan imajinasi dongeng Sinterklass
yang bisa menyihir manusia seluruh dunia. Jangan lupa membaca manteranya supaya saya
bisa tersihir.
>> Yohanes 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri
dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia
ada.
Menurut anda ada berapa Oknum-kah sebelum penciptaan?
>> Filipi 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan
dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
Siapakah yang mempunyai rupa seperti ALLAH dan siapakah yang memiliki kesetaraan
terhadap ALLAH? Jadi, berapa Oknumkah?
>> Ibrani 1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan
perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang
berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah
menjadikan alam semesta.
Perhatikan kalimat yang paling akhirnya: Siapakah "DIA?" yang telah menjadikan alam
semesta?
>> Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan
menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh
kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa,
Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang
tinggi,
Siapakah "IA" yang disebut sebagai cahaya kemuliaan ALLAH? Siapakah yang disebut
sebagai gambar wujud ALLAH? Siapakah yang menopang segala yang ada dengan
FirmanNYA? Siapakah yang duduk disebelah kanan ALLAH?
>> Baca Amsal 8 selengkapnya dan temukan konsep: "ANAK kesayangan ALLAH" yang
sudah ada sejak dunia belum diciptakan. Dan temukanlah kenyataan DIA sebagai
ciptaan ALLAH.
>> Wahyu 3:14 "Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah
firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, permulaan dari
ciptaan Allah:
Kata-kata: "permulaan ciptaan ALLAH" disini kelihatannya merupakan pengulangan
dari yang ada di Amsal 8.
Jika anda memang kesulitan memahami bahasa Indonesia saya ijinkan anda menggunakan
Alkitabnya Alien. Okey? Bunda aja teler kalau sudah kena ayat-ayat Alkitab macam begini,
lebih-lebih bung Edi. Tambah keok.
2. Kata anda: Dan khusus hari Sabtu, apakah selama hidup dibumi Yesus pernah
beristirahat menurut konsep yang kamu anut. Ia tidak pernah beristirahat?
. Ia senantiasa mengajar.
1. YESUS tidak pernah meniadakan hari Sabat ketujuh. Yang ditolak YESUS adalah masuknya
adat-istiadat bangsa Yahudi ke dalam keagamaan, dan aturan-aturan hari Sabat yang tidak
benar.
2. Lukas 4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-
Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak
membaca dari Alkitab.
Orang Yahudi tidak biasa menyebut hari perhentiannya sebagai hari ke tujuh atau Sabtu,
tetapi cukup dengan kata-kata Hari Perhentian atau Hari Sabat saja. Sebab mereka tidak
mengenal adanya hari Sabat yang selain Sabtu. Sama seperti kalau anda mengajak Wiedya
ke gereja, cukup dengan kata-kata: "Mari kita ke gereja." Nggak perlu kata-kata: Hari
Minggu. Sebab semua anak-anak Jagung Bakar sudah mengerti kalau ke gereja itu ya
Minggu.
Dan orang Yahudi hanya ke gereja hari Sabtu. Begitu pula dengan YESUS. Sekalipun
YESUS setiap hari mengajar, tapi untuk ke Sinagog hanya di hari Sabtu. Sedangkan dihari-
hari yang lainnya dilakukan YESUS di jalanan.
3. Orang-orang Yahudi sudah mewakili anda dengan mempertanyakan maksud kedatangan
YESUS ke dunia ini apakah untuk meniadakan hukum Taurat? Dan YESUS menegaskan:
>> Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum
lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak
akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.
Demikian juga dengan rasul Paulus:
>> Roma 3:31 Jika demikian, adakah kami membatalkan hukum Taurat
karena iman? Sama sekali tidak! Sebaliknya, kami
meneguhkannya.
Justru bunda Roslina, Wiedya dan andalah yang meniadakan hukum Taurat dan selalu
menghina setiap orang yang mentaati hukum Taurat. Bukan YESUS dan bukan para rasul.
Rasul Paulus tidak pernah menghina hukum Taurat sebagaimana kalian:
>> Roma 7:12 Jadi hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah
kudus, benar dan baik.
Meskipun hukum Taurat tidak memberikan keselamatan, bukan berarti hukum ciptaan
ALLAH itu harus dihinakan sedemikian rupa. Apakah hukum pemakaian helm untuk
sepeda motor dan sabuk pengaman untuk mobil itu menyelamatkan? Sama sekali tidak!
Lalu haruskah hukum itu dibuang dan dihina oleh sebab bukan jaminan keselamatan?
"Hukum ALLAH" katakan: "Jangan mencuri." Apakah dengan menjadi orang jujur anda
bisa masuk sorga? Apakah dengan "tidak berzinah" anda bisa masuk sorga? Apakah
dengan memelihara hari Sabat anda bisa masuk sorga? Saya jawab dengan tegas: TIDAK!
Sekalipun seluruh hukum Taurat anda lakukan dengan sempurna, anda masih tetap belum
bisa masuk sorga. Sebab hanya YESUS KRISTUS yang bisa menyelamatkan kita. Bukan
hukum Taurat.
Nah, sekarang kita semua sudah mempunyai YESUS KRISTUS. Apakah didalam YESUS
maka kita sekarang boleh mencuri, boleh berzinah, boleh membunuh dan boleh
meniadakan hari Sabat? Jawablah! Kita semakin boleh berbuat jahat atau semakin tidak
boleh berbuat jahat? Jawablah!
Jadi, keberadaan YESUS KRISTUS itu untuk meniadakan hukum Taurat atau untuk
meneguhkan hukum Taurat? Jawablah!
3. Anda memaknai kelahiran, kematian dan kebangkitan YESUS sebagai sebuah proses keselamatan.
Kalau anda maknai sebagai proses, maka kelahiran, kematian dan kebangkitan YESUS, belum
merupakan detail proses yang sesungguhnya. Kedatangan malaikat Gabriel ke Maria belum anda
cantumkan sebagai proses sebelum adanya kelahiran. Ketika YESUS menapaki usia 1, 2,3,4,5
tahun, dan seterusnya juga belum anda sebutkan. Perekrutan murid, ajaran-ajaranNYA,
penangkapanNYA dan persidanganNYA kenapa tidak anda proseskan sekalian? Bukankah dari
detik ke detik itu proses?
Kalau saya memaknai kedatangan YESUS berdasarkan pada misi utamaNYA. Sebab kelahiran
bukanlah misi utamaNYA. Kelahiran adalah salah satu proses dalam rangka mengerjakan misi
utamaNYA. Begitu pula dengan kebangkitanNYA, bukanlah misi utamaNYA, tetapi merupakan
salah satu proses kelanjutan dari serangkaian proses-proses yang harus dilewatiNYA. Setelah
bangkit DIA masih harus naik ke sorga dan DIA masih harus kembali ke Bumi lagi nanti dihari
kiamat. Itupun masih belum selesai. Sebab ada masa seribu tahun dan turunnya kota Yerusalem
Baru dari sorga. Itulah proses keselamatan selengkapnya.
Masuklah ke pabrik rokok, dan awasilah serangkaian proses kerja pabrik tersebut; Disana anda
akan mendapati Satpam, halaman parkir, mobil-mobil yang diparkir, bangunan pabrik, ada
direktur, ada sekretaris, ada pembukuan, ada bagian gudang, ada salesman, ada toko pengecer, ada
truk pengangkut, ada dos-dos, ada bungkus-bungkus, ada tembakau, ada cengkeh, ada buruh
linting, ada buruh packing, dan lain-lain. Apa sih yang menjadi inti dari serangkaian alat kerja
itu? Tahukah anda? Hanya rokok! Intinya hanya ini.
Jadi, kelahiran YESUS hanyalah untuk menghantarkan YESUS pada kematianNYA. Setelah
kematian itu ada, maka adalah kebangkitanNYA. Pelajarilah pergumulan YESUS ketika di Taman
Getsemani. YESUS ketika itu berada dalam keragu-raguan yang terbesar: "Apakah DIA harus
melewati kematian itu?" YESUS berpikir: "Kalau bisa nggak usahlah itu." Kalau bisa nggak usah
matilah. Itu yang dipikirkan YESUS ketika itu. Nah, kalau YESUS nggak mau disalibkan, apa pula
yang hendak anda katakan tentang kebangkitanNYA?
>> Matius 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku,
jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku,
tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang
Engkau kehendaki."
Dan setelah YESUS berada diujung kematian, YESUS menyatakan: "Sudah selesai." Apa
artinya? Tidak lain YESUS sudah menyelesaikan misiNYA dengan sukses.
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
BUng Hakekat,
Bung Hakekat, kenapa tidak anda jawab pertanyaan saya? Sebelumnya pertanyaan saya mengapa Yesus hari minggu bangkit. Saya telah buktikan jawaban anda yang nonsen sama sekali. Baca kembali. Yang kedua saya tanyakan lagi, kenapa umat Israel memperingati hari pentakosta di hari minggu dan kenapa hari turunnya Roh Kudus tanpa melihat status manusia lagi juga pada hari minggu? Kenapa ini tidak anda tanggapi ?
Apa anda ingin lari dari masalah atau menempatkan diri bahwa anda tidak usah menjawab pertanyaan orang. Sebelumnya dengan sombongnya anda berkata tidak ada peluang bagi saya bertanya, giliran dari tulisanmu baru dua saya tanyakan tidak bisa anda jawab tepat dan juga anda menghindar dari jawaban.
Pada tulisanmu kali ini lagi-lagi saya melihat ketidakkonsitenan anda dalam menyelesaikan perkara. Lagi-lagi saya melihat ketidakbisaan anda dalam menganalisa permasalahan dalam tulisan. Apa anda tidak pernah belajar untuk mendapatkan inti dari paragraft?
Coba jawab saya bung, sebenarnya anda pendidikan sampai dimana sih? Soalnya antara yang paragraf yang ingin anda tanggapi berbeda sekali dengan tanggapan anda. Coba jawab saya bung.
Contohnya anda ingin menanggapi mnghenai kebangkitan kristus, tapi anda lari ke kejadian satu dan seterusnya. padahal dari awal inti dari toppik itu berhubunganb dengan pertanyaan pertanyaanmu sejak awal. Lalu anda balas dimana anda hanya mendengungkan kematian dan seolah mengemyampingkan kelahiran dan kebangkitan. Saya jelaskan bahwa kelahiran, kematian dan kebangkitan itu satu paket.
Dimana ya bung rudi, haruskan topik ini seperti diwarung kopi, lari-lari tanpa arah? Atau memang begini gaya mu untuk mebuat semuanya kabur.
Coba jawab saya, mau kita lanjutkanb atau tidak atau anda anggap selesai, kalau sudah bilang ditulisan udah selesai. Kerendahan hatian itu juga penting, juga penting bagi anda untuk menarik kata-kata bahwa tidak ada peluang bertanya dalam setiap tulisan anda.
Gimana bung, apakah aku harus menempatkan diri kearah suka-sukamu atau menyelesaikan perkara yang diangkat pertamakalinya atau lompat lompat pagar?
Sekali lagi tolong jawab saya, pendidikanmu itu samapi dimana supaya saya bisa memahami anda. Kalau anda sarjana maka tidak mungkin gaya berdiskusi anda seperti ini kecuali anda picik dan fasik.
Tapi kali ini saya akan menghargai anda kembali, namun lain kali kalau gini gaya diskusimu maka jangan harap saya akan melanjutkannya.
Kamu tahu? saya ini pimpinan sebuah perusahaan, saya terbiasa menganalisa banyak hal dari semua karyawan saya. Saya analisa mana yang sesuai dengan topik atau mana yang lari-lari tanpa arah. Dan biasanya untuk semua kinerja karyawan yang lari-lari tanpa arah, saya tegor dan saya nasehati dan saya ingatkan supaya berubah. Karena mereka hanya akan menjadi penambah poengeluaran saja tanpa hasil. Hal yang sama saya ingatkan kepada anda.
Ok, saya sudah berjanji, saya akan tanggapi kembali tulisan anda ini .
A. Seperti yang sudah saya jelasakan diatas, tulisan saya mengenai kebangkitanb Kristus yang ingin anda tanggapi, tetapi tanggapan sangat tidak nyambung sedikitpun. Dan bukan ini saja kali pertama. Kalau sudah menyangkut kemanusiaan Yesus sudah pasti terpisah dari KeAllahannya. Itulah sebabnya kukatakan bahwa dalam keadaanNya sebagai mansusia ia bergantung penuh kepada BapaNya, dalam keadaanNya sebagai manusia Ia disebut dibangkitkan Allah. dst dst.
BUng hakekat, pergilah ke sekolah dasar kembali kalau anda harus minta kembali keternagan mengenai bahasa indonesia arti dari kata Kita. Pertanyaan-pertanya an anda itu dalam ilmu bahasa dikenal sebagai pertanyaan yang tidak perlu dijawab. Pernah belajar ini tidak? Tapi kalau anda anak TK mka saya akan samapikan. Anak TK itu misalkan bertanya apa ibu itu wanita? maka saya jawab ia. Tapi kalau bukan anak Tk yang bertanya demikian maka tidak perlu dijawab karena sudah sangat jelas. Ituilah jenis pertanyaanmu.
Akan sangat lain jika pertanyaan itu menjadi "bagaimana teologia yahudi dengan mnjelaskan kata "KIta"?, dan apa makna terminolgi kata "kita " ini dalam konsep ketuhananan? mengapa kata "Kita" hanya sedikit sekali dan hanya ada di Kitab kejadian" ?
Nah itu lah kajian yang tepat bukan pertanyaan TK mu apa itu jamak atau tunggal.
Saya sampaikan pertanyaan itu kepada anda.
Sastu lagi, cobalah membuat tulisan tanpa menambah dosa. Kamu tahu menulis itu ibarat berbicara. Jadi jangan menambhai apa yang tidak ada dilakukan oleh yang lain. Tidak ada dongeng sinterklas apalagi mantera-mantera disini, itu pikiran rudi yang belum bersih yang lari menerawang kemana-mana.
Bung hakekat, jawaban-jawaban dari pertanyaan-pertanya anmu itu ada diayat itu sendiri. Jadi cukup jelas.
Tapi melihat point terkahir dari tulisanmu untuk bagian nomor 1 ini, anda ingin mengarahkan Yesus itu sebagai ciptaan. Anda ingin menggring ayat-ayat itu kje amsal 8 dan wahyu 3 : 14. Apa anda sudah belajar alkitab secara kontekstual hakekat. Kamu tahu kalau Alkitab ditafsirkan mengikuti selera pribadi, maka jika 1000 orang ada maka seribulah tafsiran. Tapi kalau anda mengikuti tafsiran kontesktual maka jikapun 1000n orang ada, jika mereka mempelajari alkitab secara kontektual maka tetap 1000 orang itu menyatu.
Kamu tahu hakekat, tafisran kamu itu persis sama dengan tafisran saksi yehovah, kamu unitarianime, kaum Islam dan kaum kafir lainnya. Juga pada zaman di abad-abad kedua, telah muncul arius dengan pemahaman kamu ini. Tidak persis sama sih tapi mirip. Telah muncul paham gnostik dan [paham-paham sesat lainnya yang aklhirnya merajalela kletanah arab dan kemudian mempengaruhi Islam.
Oklah, saya anggap tafsiranmu itu mengikuti selera saksio yehova, karena kalau selera airus, gnostik, terlalu jauh, anda belum lahir ketika paham itu ada. Sementara saksi yehova masih anda sekarang. Kalau saya katakanb menbgikuti selera muslim, yah sedikit kurangtepat kukatakab meski sebenarnya tafsiran kalain sama, tapi kan anda tahu kalau islam juga sesat. Jadi mirp saksi yehovalah. Dan mungkin konsep ketuhananmu juga sama seperti saksi yehovah.
Mari kita kaji pola pikir orang-orang sesat ini seperti hakekat rudi dan saksi yehovah serat siapa saja dibarisannya. Mereka mengatakanb Yesus sebagai :
1. Ciptaan Allah yang pertama dan sebagai anak sulung kesayangannya.
ayat ayat yang mereka hapal mati-matian :
a. amsal 8 : 22-36 (tidak usah saya tulis semua ayatnya, intinya sama yakni Yesus adalah ciptaan Allah yang pertamna dan sebagai anak sulung kesayangan Allah)
amsal 8 : 22 " TUHAN telah mnciptakan aku sebagai permulaan pekerjaanNya, sebagai perbuatanNya yang pertama-tama dahula kala" dst-dst.
Kebiasaan buruk menafsirkan ayat biasanya akan menghasilkan kesesatan. Mereka menafsirkan kata "aku" disini sebagai Yesus Kristus, yah, senmua kata-kata "aku, ku" pada ayat-ayat ini mereka tafsirkan sebagai Yesus Kristus, Firman yang menjadi manusia itu.
Benarkah tafsiran penerus-penerus Arius ini, jika karena ayat ini Arius menyatakan bahwa Yesus adalah sesuatu allah yang kecil atau dibawah Allah maka orang - orang ini juga berkata demikian. Jadi sebenarnya arius masih ada samapi sekarang.
KItab amsal atau syiru hasyirim adalah kitab hikmat (wisdom), bukan kitab nubuatan tentang Yesus. Bukan kitab yang berhubungan dengan Nubuatan. Kitab amsal berbeda denganb kitab-kitab lain yg memiliki nubutan dan gambaran tentang sang mesias seperti pada kitab para nabi. Dalam kitab Tanak, Kitab amsal masuk dalam kelopok ketubim yang berhubungan dengan tulisan-tulisan yg bersifat hikmat-hikmat atau nasehat-nasehat tidak berhubungan dengan satupun nubuatan.
Kitab Amsal dapat dibagi dalam beberapa kelompok yakni :
a. pasal 1-4 bertemakan dengan hikmad. hikmad dipasal-pasal ini dipersonifikasikan dengan sebagai seseorang yang memberi nasehat. Dinmulai dengan kalimat awal yang menjukkan bagaimana pentingnya hikmat itu. Sering dipersonifikasikan dengan kata "ku" dalam menyampaiakn pokok pikiran seperti anakku.
b. pasal 5 - 7 , ajaran mengenai etika.
c. pasal 8-9, kembali nbertemakan hikmat dan pentingnya hikmat itu seperti halnya pasal 1 -4
d. Pasal 10-22 " berbicara mengenai amsal-amsal salomo tentang kebijaksanaan.
e. pasal 22-24" berbicara mengenai amsal-amsal orang orang bijak
f. pasal 25-29 : berbiocara mengenai amsal amsal salomo tentang kebijaksanaan
g. paal 30-31 : juga mengenai hikmat dan pujian keopada istri yang cakap.
Jadi seperti yang sudah saya jelaakan diatas, amsal termasuk amsal 8 berbicara mengenai hikmat yang mencakup hal-hal seperti kepandaianm, kebijaksanaan, pengertian, pengetahuan. Jelas pula bahwa ayat-ayat itu berbicara menbgenai personifikasi hikmat yg dimiliki oleh Allah sejak semula yang dibutuhkan ciptaan yang sama sekali tidak menunjuk kepada Yesus. Tersirat bagaimana orang-orang ini memaksakan ayat untuk mendukung paham mereka.
Ohya bung hakekat, selain penjelasan diatas, amsal 8 juga dengan jelas menujukkan bahwa hikmat bukanlah Yesus, karena hikmat disini ditulis dalam bentuk gender feminim (she). Sementara Yesus selalu dalam bentuk Gender maskulin (He). Sayang bahasa indonesia tidak ada perbedaan kata antara bentuk feminim dan bentuk maskulin. Tapi kalau and belajar bahasa aslinya anda akan temukan itu. Kalaupun bukan bahasa asli, bahas inggris juga bisa
b. ayat lainnya yang mereka ambil untuk mendukung konsep mereka adalah wahyu 3 : 14 seperti hakekat ini . Mereka mengambil referensi terhadap ayat ini atau mungkin ayat-ayat lain dengan merefers ke amsal 8 : 22 dst.
Akibat kekliruan yang mengganp yesuslah dalam amsal 8 ayat 22 maka jelas pula mereka keliru dalam menanggapi wahyu 3 : 14,
why 3 : 14, ....inilah firman dari Amin, saksi yang setia dan benar, pernmulaan dari ciptaanb Allah. Seperti yang sudah saya jelasakn, atas referensi amsal 8 : 22 juga, mereka beranggapan bahwa ayat ini menggambarkan yesus sebagai ciptaan yang pertama.
Dalam bahasa alsi kata ditulis sebagai " archee tees ktiseoos Thou Theou ". LAI menerjemahkan ini sebagai "permulaan dari ciptaan Allah. Kaqlimat inti disini adalah kata " permulaan" mereka beranggapan bahwa kata permulaan disini sebagai bagian dari yg pertama diciptakan Allah.
Pada dasarnya orang-orang sesat adalah karena malas belajar alkitab secara kontektual melainkan menafsirkan sembarangan. Seolah-olah Alkitab itu tulisannya sendiri yg seenak dewe ditafsirkan.
Kata "permulaan, padamulanya" dalam teologi bahasa yahudi maupun yunani adalah berkaitan dengan beberapa hal seperti tidak berawal , tidak diketahui awalnya, kata permulaan juga sering mewakili makna yang awal dan yang akhir alias tidak berkesudahan. Selain itu juga sebagai sumber ata asal mula.
Jsadi berdasarkan bahasa aslinya kata permulaan ciptaan Allah ataau " archee tees ktiseoos Thou Theou adalah asal mula atau sumber ciptaan Allah. Sehingga ayat why 3 : 14 itu bermakna " inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, AWAL MULA / SUMBER DARI CIPTAAN ALLAH.
hal ini juga tercantum dalam kitab mika dan banyak ayat lainnya. Dlam wahyu 22 : 13 juga disebut bahwa Yesus adalah yang Awal (arche) dan yang Akhir (telos). Yang awal dan yang akhir adalah kata lain dari tidak berawal dan tidak berkesudahan. Nah kalau anda paksakan yesus ciptaan Allah bukankah akan bertentangan dengan banyak ayat jadinya.
Jadi saudaraku, belajar Alkitab lebih baik lagi.
Apa masih ada ayat-ayatmu?
B. BUng hakekat, kadang saya merasa bahwa saya sedang berbicara dengan anak kemaen sore. Selalu saya lihat tanggapan demi tanggapan mu yang tidak pernah nyambung dengan yang ingin kamu tanggapi. Jawaban saya sebelumnya Yesus tidak pernah beristirahat dihari sabtu adalah sehubungan dengan jawaban anda yang mengatakan bawah yesus bangkit dihari minggu karena Dia hgarus beristirahat penuh doihari sabtu. Apa perlu saya tulis kembali, gak usahya, baca aja lagi, kan belum lama. Artinya kalau itu jawabanmu maka saya katakan sebelum disalib Yesus tuh gak pernah istirahat dihari sabtu.
Eh lagi-lagi datang tanggapan anda yang aneh-aneh. Yang mengatakan Yesus Yesus meniadakan hari sabat siapa hakekat. Bagaimana ini anak titisan lucifer ini, bicara kok senangnya nambah-nambah, kok menjadi cucu bapa segala dusta seh?
BUng hakekat, apa yang anda tanggap ketika Yesus memasuki sinagoge pada hari sabat? Dan apa yang anda tanggap ketika para rasul memasuki sinagopge pada hari sabat? Dan apa yang anda tanggap ketika para rasul selepas kematian kristus selalu berkumpul pada hari minggu? dan apa yang anda tanggap selepas kebangkitan kristus, yesus selalu menjumpai mereka pada hari minggu? Dan apa yang anda tanggap ketika roh kudus turun pada hari minggu bersamaan dengan hari pentakosta yahudi yang diperingati tiap 50 hari dan pasti selalu hari minggu? Dan apapula tanggapan adan mengenai hukum taurat? apakah hukumk taurat itu hanya sepuluh hukum?
Jawab juga dung, masa anda aja yg harus dijawab.
C. Mengenai dimensi kelahiran, kematian dan kebangkitan sudah saya jelaskan. Saya paling tidak mau berulang-ulang. Silahkan baca kembali. Bahwa ketiga itu satu paket. Aku sudah katakan pada anda tiga peristiwa penting yang diingat. Silahkan baca lagiya. saya kasih ayat juga kok disana.
Saya sudah katakanb bahwa tidak ada kematian tanpa kelhiran dan siasialah kematian tanpa kebangkitan.
Yah benar semua dalam bagian ini yang anda katakan bahwa ketika bahwa Yesus berkata sudah selesai dikayu salib. Yang artinya misi keselamatan itu sudah selesai. Namun seperti yang disebut dalam firman Tuhan bahwa andaikata yesus tidak bangkit maka sia-sialah kenmatianNya dan sia-sialah kepercayaan kamu. Itu artinya kebangkitan itu adalah bukti kemenangan dari maut dan itu sangat penting menjadi berita yang harus senantiasa diingat sebagaimana halnya dengan kelahiran dan kematian.
Silahkan baca kembali tulisan sebelumnya.
segeralah bertobat.
rgds
Edi cassanop
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
1. Tulis anda:
kenapa umat Israel memperingati hari pentakosta di hari minggu dan kenapa hari
turunnya Roh Kudus tanpa melihat status manusia lagi juga pada hari minggu?
Kenapa ini tidak anda tanggapi ?
Saya tidak menanggapi karena belum membaca seluruhnya. Saya jarang membaca surat sampai
selesai jika saya sudah menemukan beberapa hal yang bisa saya angkat menjadi topik. Lebih-lebih
kalau pembahasannya sudah melebar kemana-mana.
Mengapa kedua peristiwa itu jatuh pada hari Minggu? Sebab hari Sabtu adalah hari perhentian
dari segala aktifitas.
Hari raya Pentakosta adalah hari raya 7 minggu, yang perayaannya dijatuhkan pada hari yang ke-
50 setelah Paskah. Karena hari raya Paskah terakhir jatuhnya di hari Minggu, maka hari ke-50nya
ya jelas akan jatuh ke hari Minggu. Tapi jangan lupa bahwa hari ke-50 itu sudah bukan termasuk
hari rayanya, melainkan hari pestanya saja.
Pentakosta itu artinya: ke-50, bukan tentang hari rayanya. Sedangkan hari rayanya adalah hari
raya 7 minggu. Yang selama 49 hari itulah hari rayanya, sedangkan hari Pentakosta adalah
perayaannya.
2. Suatu kebiasaan buruk anda kalau sedang menghadapi kesukaran adalah menutupi kesukarannya
dengan cara merekayasa musuhnya yang bersalah. Dengan demikian anda sudah mencuri
perhatian musuhnya. Topik yang sedang dibincangkan menjadi teralihkan atau rusak. Lihat saja
buktinya; tulisan saya tidak dijawabnya, digantikan dengan ngomel-ngomelnya. Malas mencari
Kambing hitam, maka Kambing yang putih disemprotnya dengan cat Phylox hitam. Pinter juga,
ya?! Lalu dikatailah musuhnya sebagai bukan lawan bicaranya yang sepadan, supaya memperoleh
kesempatan untuk melarikan diri.
3. Kata anda: "Saya jelaskan bahwa kelahiran, kematian dan kebangkitan itu satu paket.
Kenapa koq saya harus mendengarkan penjelasan anda? Siapa yang mengangkat anda untuk
melebihi Alkitab?
Bukankah yang sedang kita bicarakan adalah tentang inti keselamatannya?
Ketika sedang membahas hari Natal, anda memberikan tekanannya pada kelahiran YESUS,
sebagai yang terpenting. Tapi ketika sedang membicarakan masalah hari ibadah Minggu, anda
ganti memberikan tekanan keistimewaannya pada hari kebangkitan YESUS yang jatuh pada hari
Minggu. Bukankah ini artinya kita sedang berusaha mendapatkan titik vital YESUS? Benarkah
titik vital itu terletak pada kelahiran dan kebangkitanNYA? Mengapa kematian YESUS tidak
tersinggung sama sekali? Mengapa anda tidak berusaha menemukan keistimewaan kematianNYA?
Jika kelahiranNYA anda berikan perayaan pada hari Natal, dan kebangkitanNYA anda berikan
perayaan pada ibadah hari Minggu? Lalu dimanakah anda menempatkan kematianNYA?
Di tong sampahkah?!
Hari kelahiran adalah hari kesenangan. Hari yang menggembirakan. Hari yang paling disukai
oleh semua orang. Karena itu nggak sulit untuk mencari orang yang mau dilahirkan. Demikian
pula dengan hari kebangkitan adalah hari yang menyenangkan. Nggak sulit untuk mencari orang
yang mau dibangkitkan. Tapi tentang hari kematian, siapakah yang mau mati? Siapakah yang
tidak takut menghadapi hari kematiannya?
>> Yohanes 10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku
untuk menerimanya kembali.
Jadi, apa sebab BAPA mengasihi YESUS? Sebab YESUS mau memberikan nyawaNYA.
Apa sebab YESUS mau memberikan nyawaNYA? Sebab YESUS yakin akan dihidupkan kembali.
4. Tulis anda:
Kalau sudah menyangkut kemanusiaan Yesus sudah pasti terpisah dari
KeAllahannya. Itulah sebabnya kukatakan bahwa dalam keadaanNya sebagai
mansusia ia bergantung penuh kepada BapaNya, dalam keadaanNya sebagai
manusia Ia disebut dibangkitkan Allah. dst dst.
Bung Edi, kalimat anda ini ruwetnya kayak Mie Ayam. Jangankan saya, TUHAN YESUS
sendiripun akan pusing memahaminya. Dan sakit pusing itu akan sembuh jika saya boleh
menyimpulkan: Anda itu gendeng. Hua..ha..ha…….
Sekarang, anda wajib menjawab pertanyaan-pertanyaan saya ini:
a. Sebelum dilahirkan ke dunia ini, di sorga ada siapa saja sih? Apakah YESUS sudah ada?
Sebagai apakah YESUS? Menyatu dalam Trinitas, dengan gambaran: tubuh, jiwa dan roh,
seperti yang berkali-kali digambarkan oleh bunda Roslina?
Tubuh + Jiwa + Roh = Roslina. Maka:
Jika tubuh saja, maka Roslina nggak ada. Jika Jiwa saja, maka Roslina juga nggak ada. Atau,
jika Roh saja, maka Roslina juga nggak ada.
BAPA + YESUS + ROH KUDUS = ALLAH? Maka:
Jika BAPA saja, maka ALLAH nggak ada, bukan?! Jika YESUS saja, maka ALLAH nggak ada,
bukan?! Atau, jika ROH KUDUS saja, maka ALLAH juga nggak akan ada, bukan?!
Saya koq bingung sih?! – Maka andapun berkata: "Tidak ada ilmu manusia yang bisa
menangkap konsep Trinitas ini." Tapi nyatanya anda bisa menangkapnya, bisa
menerangkannya, dan bisa mau menjadi orang Kristen? Apa nggak lebih ruwet lagi memahami
Kekristenan anda yang terjadi dari kebodohan anda?!
b. Ketika YESUS di dunia, bagaimana posisinya ALLAH?
c. Ketika ROH KUDUS dicurahkan ke atas orang-orang, bagaimana posisi ALLAH? Nggak ada
ROH KUDUSNYA?
d. Ketika YESUS naik kembali ke sorga, bagaimana pula posisinya ALLAH, jika dinyatakan
YESUS berada disebelah kanan ALLAH?!
5. Kata "KITA" hanya ada di Perjanjian Lama saja?
>> Yohanes 17:11 Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih
ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa
yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-
Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka
menjadi satu sama seperti Kita.
Dari ayat ini saya bisa menunjukkan 3 hal:
a. Anda orang Kristen yang nggak paham Alkitab.
b. Saya lebih pintar dari anda, atau anda lebih bodoh dari saya.
c. Saya nggak perlu belajar Teologia Yahudi untuk mengerti arti kata: "KITA."
Sementara ini dulu, lainnya lain kali saja
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN BUNG EDI:
Selamat malam bung hakekat,
1. Saran saya bagi anda, kalau anda bukan ahli dalam tulis menulis, sebaiknya baca dulu seluruh tulisan sebelum menjawab supaya tidak ngelantur kesana kemari. Jangankan anda, orang yang sudah bergelut dalam dunia terjemahan, tulis menulis dan segala macam yang berhubungan dengan tulisan pun sebelum meberi tanggapan, mereka terbiasa membaca seluruh isi dulu, bahkan ini sebenarnya sudah dipelajari sejak sma. Kebiasaan yang anda jalani sekarang itu kebiasaan yang buruk. Itu sebabnya tanggapanmu selalu berlarian a;ias tidak nyambung dengan yang anda tanggapi.
Jadi kalau anda tidak ahli sebaiknya bersabar sedikit dan rendah hati menunda membalas lebih baik daripada anda membuat tulisan yang loncat kesana kemari. Lagipula anda harus ingat bahwa dalam setiap tulisan hendaklah topik jangan ngalur ngidul tapi harus terarah, sistematis. Itulah diskusi yang baik.
2. Justru kebiasaan anda yang buruk itulah yang saya sedang peringati. Anda menempatkan diri dibarisan yang membuat tulisan yang menurut anda tidak ada peluang untuk bertanya, ketika saya menggugurkan pernyataan anda ini, anda tidak menjawab pertanyaan orang. Dan tanggapan yang anda yang berseuaian dengan topik tidak anda larikan ketopik lain. Saya tidak suka dengan pola diskusi seperti itu. Kuharap anda semakin pintar dalam berdiskusi.
3. Pernyataan anda "kok saya harus mendengarkan penjelasan anda". Kalau seperti ini gaya berpikirmu, maka itu namanya kamu menempatkan diri hanya untuk didengar dan tidak mau mendengar. Anda merasa bahwa hanya yang anda tulislah yang sesudai dengan Alkitab. Saya menangkap tulisanmu justru sangat rusak. Contohnya mengenai amsal 8 dan wahyu 3. Kemaren sudah saya balas. Pernyataan saya mengenai Kelahiran, kematian dan kebangkitan satu paket yang tidak boleh dipisah-pisahkan, tidak boleh yang satu dianggap lebih utama dari yang lain sudah saya sampaikan ayat juga. Silahkan baca kembali tulisan saya sebelumnya. Saya tidak mengatakan Natal yang terpenting, jangan menambah-nambahi yang tidak ada disebut orang.
JANGAN BERSAKSI DUSTA .
Saya mengatakan kelahiran, kematian dan kebangkitan itu sama penting. Dan kalimat Alkitab menyebut itu dengan kata "Ingatlah"
Firman Tuhan dalam Kitab 2 Timotius 2 : 8 berbunyi :
"INGATLAH INI, Yesus Kristus yang telah BANGKIT DARI ANTARA ORANG MATI,
yang telah DILAHRIKAN sebagai keturunan Daud, itulah yg KUBERITAKAN
dalam Injilku
Lukas 22 : 19
"Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya, dan
memberikannya kepada mereka, kataNya "Inilah TubuhKu yang diserahkan
bagi kamu, perbuatlah ini Menjadi peringatan akan Aku"
Dan dalam kitab I korintus 15 : 1- 4 juga disebutkan
"......................."3'. Sebab yg sangat penting telah kusampaikan
kepadamu, yaitu apa yg telah kuterima sendiri, Ialah bahwa Kristus TELAH
MATI KARENA DOSA DOSA KITA SESUAI DENGAN KITAB SUCI, "4" bahwa Ia telah
DIKUBURKAN, dan bahwa Ia telah DIBANGKITKAN pd hari yang ketiga, sesuai
dengan kitab suci.
I krointus 15 : 13-14 "Andaikata tidak ada KEBANGKITAN, maka Kristus
juga tidak dibangkitkan, tetapi andaikata Kristus tidak DIBANGKITKAN,
maka SIA SIALAH PEMBERITAAN KAMI dan SIA SIALAH JUGA KEPERCAYAAN KAMU.
Jadi tanggapanmu kali ini juga berawal dari kegagalan anda menangkap tulisan, ini mungkin karena kebiasaan anda membaca alkitab sepotong-sepotong kemudian membaca tulisan orang sepotong-sepotong. Topik tentang ini tidak perlu saya ulang, silahkan baca kembali tulisan saya sebelumnya.
4. Yang report itu anda. Sekali lagi jaga MULUTMU dalam MENGUCAPKAN KATA-KATA YANG MERENDAHKAN TUHAN. Anda bilang anda MURID KRISTUS tapi kebiasaan SANGAT PERSIS DENGAN MULUT LUCIFER. Beberapa hari (minggu) yang lalu anda menyebut DIRI ANDA DAN KAWAN-KAWAN ANDA SEBAGAI MESIAS- MESIAS. Dari satu kata ini sudah bisa menujukkan bahwa anda itu murid palsu. Sekarang anda katakan Yesus kebingungan membaca tulisan saya. Kalau anda bingung JAGA MULUTMU YA. Jangan samakan dirimu dengan TUHAN, HAI MURID SETAN...Kalau anda murid kristus maka anda akan menjaga MULUTMU.
Apa yang bingung? Bukankah benar bahwa dalam keadaanya sebagai manusialah semua yang dialaminya?.
Filipi 2 : 6-8
"6" yang walaupun dalam Rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, (adakah yang setara dengan Allah dari ciptaan, tidak ada. Allah tidak pernah bisa disetarai oleh siapapun, apa itu yang tidak dipertahankan krsitus? yaitu hakekat-hakekat Allah, tetapi dilepaskan. Apa saja yang dilepaskan atau tidak dipertahankan? sangat banyak contohnya : kemahakuasaanNya, KemahatahuanNya, eksistensiNya dan segala macam yang berhubungan dengan sifat-sifat Allah.
"7" melainkan telah mengosongkan diriNya sendiri dan mengambil rupa seorang Hamba dan menjadi sama dengan Manusia, (ketika Ia tidak mempertahankan EksistensiNya demi manusia, maka ia bukan hanya tidak memertahakan tetapi mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan manusia. Apa yang saat ini dimilikiNya ketika sudah mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan manusia? Banyak seperti, Dia harus lahir dari manusia, Dia menangis dan bersedih, Dia lapar dan haus, Dia dicobai oleh Iblis, Dia berdoa, Dia mati dan Dia dibangkitkan, ketika Ia meninggalkan eksistensinya sebagai Allah dan menjadi manusia, maka sifat-sifat manusiapun melekat padaNya.
"8" dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diriNya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati dikayu salib. (Jadi ayat 7 dan 8 ini Dan untuk memahami ayat 9 - 11 dalam pasal ini, maka ayat 7 dan 8 ini adalah titik awal. Demikian juga untuk memahami seluruh keberadaanNya selama dibumi dan segala sesuatu yang dilakukanNya, diserukanNya dan yang terjadi padaNya bahkan ketika dikubur dan bangkit. sangat penting untuk mengetahui segala yang dialamiNya selama dibumi ini. )
Bung hakekat kuharap anda semakin sadar akan kesesatan anda selama ini.
Bung hakekat, anda tidak berhakl berkata supaya saya wajib menjawab semua pertanyaanmu, karena andapun tidak pernah menjaab pertanyaan saya semua, dan saya tidak [pernah berkata kepada anda wajib. Kalau anda menutut saya wajib maka tunaikan dulu kewajibanmu apalagi awalnya kamu dengan sombongnya berkata tidak ada pekluang bertanya.
Sekali lagi jangan tepatkan diri anda diposisi superior yang semau dewe. Kita sederajad disini, kalau anda berkata wajib maka wajibkan dulu dirimu dengan menjawab pertanyaan orang lain.
Kalau anda karyawan saya, Sesegra mungkin anda saya pecat karna tidak memenuhi kualifikasi minimun sekalipun.
5. Bung hakekt, kata Kita yang saya maksud hanya ada dikitab kejadian adalah yang terkait dengan penciptaan saja. BUkan saya katakan tidak ada dioperjanjian baru, Kitab yohanes itu sudah 3 kali tuntas saya baca dan saya telah mempelajari tafsir konstektualnya bukan tafisr awur-awuran seperti anda. Sekali lagi baca tulisan dengan benar supaya anda menangkap alur pembicaraan. Jadi sekali lagi kesalahan -kesalahan anda sangat banyak karena kebiasaanmu yang buruk.
NOte :
Ohya sang pemberi kata wajib, wajibkan dulu dirimu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.
Nih saya daftar kembali pertanyaannya yg belum anda jawab :
BUng hakekat, apa yang anda tanggap ketika Yesus memasuki sinagoge pada
hari sabat? Dan apa yang anda tanggap ketika para rasul memasuki
sinagopge pada hari sabat? Dan apa yang anda tanggap ketika para rasul
selepas kematian kristus selalu berkumpul pada hari minggu? dan apa yang
anda tanggap selepas kebangkitan kristus, yesus selalu menjumpai mereka
pada hari minggu? Dan apapula tanggapan adan
mengenai hukum taurat? apakah hukumk taurat itu hanya sepuluh hukum?
Ini yang sudah anda jawab, namun jawabanmu nonsen sama sekali, silahkan baca tulisan saya.
Kenapa Yesus bangkit pada hari minggu, bukan senin, selasa, rabu kamis jumat sabtu? Dan apa yang anda tanggap ketika roh kudus turun pada
hari minggu bersamaan dengan hari pentakosta yahudi yang diperingati
tiap 50 hari dan pasti selalu hari minggu?
nih tafisran kamu mengenai amsal 8 dan wahyu 3 : 14 sangat sesat. Belajar alkitab dengan baiknya. (silahkan baca penjelasan saya sebelumnya)
gara-gara anda ganti-ganti judul, mungkin orang susah jadinya menemukannya.
Kata-kata bijak
"orang rendah hati akan menarik perkatannya yang ternyata salah, ketika seseorang berkata bahwa tidak ada peluang bertantya dalam semua tulisannya, dan ketika ternyata banyak pertanyaan yang telah dibuktikan dpat dibuat terhadap tulisannya, maka orang yang mengatakan tidak ada peluang bertanya tersebut hendaknya menarik perkataannya disemua tempat dimana ia telah mengatakan sebelumnya.
Regards
edi cassanop
Xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
JAWABAN SAYA:
1. Tentang membaca sampai habis;
a. Kalau diawal-awal saja sudah diketemukan konsepnya yang bertentangan dengan logika saya,
maka ini perlu diselesaikan dulu. Nggak ada gunanya dilanjutkan membaca. Sebab semakin ke
dalam sudah pasti akan semakin kacau.
b. Coba seandainya cara penulisan anda terkonsep dengan baik, tidak bertele-tele, sedikit kalimat
tapi terkandung nilai-nilai yang besar, pasti orang dengan senang sekali membacanya. Nggak
perlu dimarah-marahi.
c. Coba seandainya pola pikir anda saya kenali sebagai pola pikir yang rasional, pasti saya senang
sekali membacanya. Tapi karena anda saya kenal sebagai tukang khayal, ya ogahlah.
Lihatlah, kalau saya 'kan selalu Alkitabiah:
>> 1Timotius 4:7 Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu
beribadah.
Jadi, kalau saya membatasi diri terhadap anda, itu ada alasannya yang jelas.
2. Lagi-lagi anda merekayasakan kesalahan ke pihak lawan. Padahal yang tidak fokus dengan topik
adalah anda. Tapi yang anda salahkan saya. Kalau saya nggak mungkin menyimpangkan topik,
sebab saya membaca tulisan orang selalu secara teliti dan berurutan dari atas. Sehingga nggak
mungkin akan keluar rel. Coba anda periksa aja, berapa banyak point pertanyaan-pertanyaan saya
yang belum anda jawab. Jika pertanyaan-pertanyaan yang tergolong inti tidak anda jawab, maka
akibatnya pembicaraannya bisa lari kesana kemari.
3. Kenapa saya mengabaikan pendapat anda? Sebab ada pendapat yang lebih tinggi dari pendapat
anda, yaitu Alkitab. Karena itu biasakan berbicara itu yang ada landasannya, seperti kebiasaan
saya. Silahkan anda periksa semua tulisan saya, maka anda takkan menemukan kata-kata ini:
"Menurut pendapat saya……" - Saya tidak pernah menggunakan kata-kata macam begini ini.
Apa sebab? Memalukan sekali, kalau sampai ditolak orang: "Memangnya kamu siapa, sehingga
mengeluarkan pernyataan?" – Inilah yang saya jaga. Tapi sekalipun saya ini hanya gembel, jika
perkataan saya dilandasi dengan referensi yang kuat, saya menjadi percaya diri.
4. Tentang kelahiran, kematian dan kebangkitan yang anda nyatakan sebagai sama pentingnya,
merupakan pernyataan yang lemah sekali dan salah sama sekali;
a. Anda memperingati kelahiranNYA: Natal, dan kebangkitanNYA dengan ibadah hari Minggu.
Tapi kematianNYA? Malah selalu anda tenggelamkan.
b. Anda menyodorkan 1Korintus 15:13-14;
Ayat ini menonjolkan kebangkitan YESUS-nya, bukan menonjolkan "hari" kebangkitannya.
Dan kalau masalah "hari" yang harus ditonjolkan, Alkitab sudah mempunyainya, yaitu: Sabtu.
5. Bung Edi, tulisan anda itu memang membingungkan dan ruwetnya kayak Mie Ayam yang nggak
pakai pangsit. Jadi, saya harus katakan apa? Masak tulisan buruk harus saya katakan: baik?!
Bohong jadinya.
Nah, sekarang saya beritahukan rahasianya, kenapa tulisan anda itu bisa begitu ruwetnya? Sebab
anda berusaha menutupi kesalahan. Kasusnya sama kayak maling yang ditangkap Polisi, yang
omongannya kacau-balau karena harus menutupi kesalahannya.
6. Tentang kesetaraan YESUS dengan ALLAH:
a. Ada perbandingan menyatakan adanya 2 orang; bukan 1 orang.
b. Arti setara itu adalah sebanding, bukan sama persis; kurang-lebih.
Kalau anda mengajak rapat staf anda, itu artinya staf anda itu setara dengan anda. Sebab
perkataannya anda pertimbangkan.
>> Yeremia 23:18 Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN,
sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah
yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya?
23:22 Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah
mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa
mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari
perbuatan-perbuatannya yang jahat.
Lihat, ada Dewan Musyawarah ALLAH.
c. ALLAH itu gelar, bukan nama. Alkitab mengenalkan Keluarga ALLAH itu terdiri dari:
ALLAH BAPA, ALLAH ANAK dan ALLAH ROH KUDUS.
Itulah sebabnya tulisan anda saya katakan kacau-balau kayak Mie Ayam, sebab 3 Orang anda
katakan sebagai 1 Orang. Wong Alkitab jelas-jelas memberikan pemisahan, tapi anda
menyamakannya. Bagaimana nggak ruwet?
7. Dalam hal mengosongkan diriNYA – Filipi 2:7, lagi-lagi anda tidak memberikan keterangan
sebagaimana yang saya tuntut. Kalimat anda muter-muterisasi nggak berujud, kayak hantu.
Bukankah yang saya tanyakan: Ketika YESUS menjadi manusia, di sorga ada siapa? Harusnya,
kalau menurut rumus Trinitasnya, di sorga kosong, nggak ada siapa-siapa;
BAPA + YESUS + ROH KUDUS = ALLAH[kata anda]. Karena itu jika YESUS-nya nggak ada,
maka nggak mungkin masih ada ALLAH, 'kan?!
Tapi coba anda lihat kembali jawaban anda:
(ketika Ia tidak mempertahankan EksistensiNya demi manusia, maka ia bukan hanya tidak
memertahakan tetapi mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan manusia. Apa yang
saat ini dimilikiNya ketika sudah mengambil rupa seroang hamba dan menjadi sama dengan
manusia? Banyak seperti, Dia harus lahir dari manusia, Dia menangis dan bersedih, Dia lapar dan
haus, Dia dicobai oleh Iblis, Dia berdoa, Dia mati dan Dia dibangkitkan, ketika Ia meninggalkan
eksistensinya sebagai Allah dan menjadi manusia, maka sifat-sifat manusiapun melekat padaNya.
Tidak ada keterangan apakah ALLAH masih ada atau lenyap. Apa nggak ruwetisasi namanya?
8. Daftar pertanyaan anda:
BUng hakekat, apa yang anda tanggap ketika Yesus memasuki sinagoge pada hari sabat? Dan apa
yang anda tanggap ketika para rasul memasuki sinagopge pada hari sabat? Dan apa yang anda
tanggap ketika para rasul selepas kematian kristus selalu berkumpul pada hari minggu? dan apa yang
anda tanggap selepas kebangkitan kristus, yesus selalu menjumpai mereka pada hari minggu? Dan
apapula tanggapan adan mengenai hukum taurat? apakah hukumk taurat itu hanya sepuluh hukum?
a. YESUS masuk sinagoge pada hari Sabat, sebab ketika itu masih belum ada gereja HKBP yang
ibadahnya hari Minggu. Dan sekalipun ada gereja HKBP, YESUS pasti akan pilih ke gereja
Advent. Saya aja nggak mau masuk gereja HKBP. Lebih-lebih YESUS. Iya, nggak?!
b. Para rasul masuk sinagoge pada hari Sabat, karena mereka adalah murid YESUS, bukan
rasulnya Paus Vatikan.
c. Tidak ada pertemuan ibadah para rasul di hari Minggu. Jika anda berpikir ada ayatnya, silahkan
anda ajukan ke saya. Kelihatannya sudah saya bahas dalam tulisan: USAHA-USAHA
MENGGUGURKAN HARI SABAT. Saya tahu ada 8 ayat yang menyebut-nyebut tentang hari
Minggu. Tapi tidak ada 1 ayatpun yang mengesankan sebagai hari ibadah.
d. Tidak ada keterangan dalam Alkitab yang menerangkan YESUS "selalu" menjumpai muridNYA
setiap hari Minggu. Itu hanya terjadi sekali, yaitu di hari kebangkitan YESUS[Minggu], mereka
berkumpul untuk membicarakan issue kebangkitan YESUS. Rupanya banyak murid yang nggak
mempercayai berita itu sehingga mereka mendiskusikannya.
e. Perjanjian Baru hanya meniadakan peraturan-peraturan dari Hukum Tauratnya saja, bukan
meniadakan hakekatnya. Karena itu sesungguhnya tidak ada yang diubah, malah semakin
dikokohkan.
f. Hukum Taurat itu terdiri dari:
1. Hukum Upacara - dihapuskan disalib YESUS.
2. Hukum Moral - 10 Hukum ALLAH.
3. Hukum Sipil - Hukum pemerintah negara setempat.
4. Hukum tambahan - seperti makanan haram dan sunat[Imamat] – dihapus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar