Rabu, 14 April 2010

[bali-travel] Mengadopsi Desain Taman Bali

 

Homestay Study Tour Tokyo 2-9 Juli 2010
Info lengkap dan pendaftaran di http://newsindo.com/homestay/
---------------------------
Mengadopsi Desain Taman Bali
Wednesday, 14 April 2010
SUASANA Bali bisa hdibawah ke rumah yang mungil lho.Anda tinggal pintar-pintar mendekorasi segala sesuatunya,mulai ornamen, detail, desain, dan lain-lain.

Siapa bilang lahan terbatas membuat ide kreatif jadi ikut terbatas? Taman bergaya khas Bali merupakan jenis taman basah atau taman tropis. Ciri-ciri taman tropis yang bisa diketahui adalah banyaknya tanaman yang tumbuh dalam taman.Tanaman-tanaman yang dipilih pada taman berkonsep Bali biasanya rimbun.Namun,untuk taman yang lahannya terbatas, kerimbunan tanaman harus disesuaikan dengan tempatnya.

Menurut arsitek lanskap Omar Samule Ichwan,taman Bali hampir mirip dengan taman Jepang. Hal ini dapat dilihat dari adanya unsur air, batu, dan tanamannya.Tidak mengherankan jika dua jenis taman tersebut mirip karena Bali dan Jepang sama-sama berada di wilayah Asia. Taman Bali dapat dihiasi dengan ornamen-ornamen taman yang menunjang konsep tersebut. Lampu-lampu taman beratapkan ijuk dan patung-patung Bali bisa menjadi hiasan di taman bergaya Bali untuk melengkapi desain lanskapnya.

Akan lebih komplet jika batang pohon dililit kain motif papan catur (hitam-putih) khas Bali sebagai pilihan lain untuk menghias taman Anda. Selain itu, water feature yang mengisi taman juga menjadi ciri taman tropis bergaya Bali.Kehadiran kolam kecil dengan bentuk kolam renang atau kolam ikan menjadi pelengkap taman yang dapat memberi keseimbangan jiwa dan ketenangan.

Sebaiknya tanaman pada tiap sudut area ditata dengan gaya yang berbeda. Itu menjadi kunci utama agar taman yang mini jadi terlihat lebih lega.Kesan luas tercipta dari cover ground(penutup tanah) yang terpangkas rapi. Selain itu, bagian tengah taman sengaja tidak diberi ornamen. Salah satu tanaman yang terkenal memberi kesan Bali adalah plumeria yang berwarna-warni.

Biasanya tanaman ini diletakkan di jalan menuju pura di Bali. Selain plumeria, sabut kelapa juga merupakan ornamen yang sangat mengesankan Bali. Konsep taman dan material sangat mendukung bangunan hunian Anda.Taman pun sebaiknya serasi dan sesuai dengan konsep bangunan itu sendiri, namun taman bergaya Bali cenderung fleksibel dipasangkan dengan rumah gaya apa pun, baik klasik maupun modern.

Taman Bali termasuk model taman yang mudah dipadukan dengan model-model rumah di Indonesia. Di tempat aslinya, taman yang ada di permukiman orang Bali memang sangat mendukung fungsi rumahnya. Hal ini disebabkan taman juga sering dimanfaatkan sebagai tempat upacara dan kegiatan adat mereka (penduduk Bali). Lanskap taman Bali biasanya memiliki pola yang geometris.

Pola kotak cenderung menjadi bentuk tanah taman Bali pada halaman rumah.Penataan tumbuhan yang mengisi taman pun harus diperhatikan agar taman tidak terkesan hpenuhh dan berantakan. Penataan yang efisien sangat diperlukan supaya lahan sempit jadi terlihat luas. Salah satu caranya, pilih material taman yang hlangsingh. Contoh spesifiknya, kata Omar, hJika Anda ingin membuat jalan setapak di taman, ukuran jalan setapak itu jangan besar-besar.h

Ornamen yang menjadi penghias taman pun diletakkan sesuai dengan luas taman itu sendiri. Lampu taman, patung, atau kolam yang berada di taman Bali juga harus menjadi point of interest. Posisinya bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah. Asal tidak jomplang dengan ornamen dan tumbuhan lain yang ikut menghiasi taman Bali Anda. (raya simarmata)

__._,_.___
Recent Activity:
Sekolah bahasa Jepang http://PandanCollege.com/ 0361-255-225/
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Welcome to Mom Connection! Share stories, news and more with moms like you.


Hobbies & Activities Zone: Find others who share your passions! Explore new interests.

.

__,_._,___

Tidak ada komentar: